|
||||||||||||
Tempat/Tanggal Lahir | Tangerang / 27 August 1992 | |||||||||||
Jabatan Fungsional | CPNS | |||||||||||
Jenis Kelamin | P | |||||||||||
Agama | Islam | |||||||||||
Instansi | Fakultas Ilmu Pendidikan UNP | |||||||||||
Bidang | Pendidikan Luar Biasa | |||||||||||
Kabupaten / Kotamadya | Padang | |||||||||||
Propinsi | Sumatera Barat |
DATA PENDIDIKAN |
---|
NO | TAHUN LULUS | PROGRAM PENDIDIKAN | PERGURUAN TINGGI | NEGARA | PROGRAM STUDI |
---|---|---|---|---|---|
2004 | SD/MI | SD Negeri Semin II | Indonesia | ||
2007 | SMP/MTs/PGA 4 Thn | SMP Negeri 1 Semin | Indonesia | ||
2010 | SMA/SMK/MA/SPG/PGAA 6 Thn | SMA Negeri 1 Wonosari | Indonesia | ||
2015 | S-1 | Universitas Sebelas Maret | Indonesia | Pendidikan Luar Biasa | |
2017 | S-2 | Universitas Sebelas Maret | Indonesia | Pendidikan Luar Biasa |
PELATIHAN PROFESIONAL |
---|
NO | TAHUN | JENIS PELATIHAN | PENYELENGGARA | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
2011 | Pelatihan Soft Skill Penulisan Karya Jurnalistik | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret | 13 November 2011 | |
2011 | Pelatihan Bahasa Isyarat bagi Masyarakat | GERKATIN Surakarta | 25 November 2011 | |
2017 | Pendidikan dan Pelatihan Guru Keterampilan SLB | Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta | 2 s.d 7 Oktober 2017 | |
2018 | Coaching Clinic Penulisan Artikel di Jurnal Terindeks | Pendidikan Luar Biasa FIP UNP | 25-26 Juli 2018 | |
2018 | Workshop Sitasi Karya Ilmiah | Pendidikan Luar Biasa FIP UNP | 27-28 Juli 2018 | |
2018 | Pelatihan Keterampilan Dasar Instruksional (PEKERTI) | Universitas Negeri Padang | 18 s.d 24 September 2018 |
PENGALAMAN MENGAJAR |
---|
NO | KODE MTK | MATA KULIAH | PROGRAM PENDIDIKAN | INSTITUSI/ JURUSAN/ PROGRAM STUDI | TAHUN AKADEMIK | SEMESTER |
---|---|---|---|---|---|---|
PLB1.61.3201 | Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi dan Irama | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Ganjil | |
PLB1.61.4305 | Bina Pribadi dan Sosial | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Genap | |
PLB1.61.4302 | Bina Bicara | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Genap | |
PLB1.61.4303 | Bina Diri | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Genap | |
PLB1.61.2104 | Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran Anak Tunagrahita | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Genap | |
PLB1.61.2201 | Manajemen Pendidikan Khusus | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Genap | |
FIP1.61.4401 | Pendidikan Inklusi | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Ganjil | |
PLB334 | Pendidikan Anak dengan Hambatan Perkembangan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Ganjil | |
PLB157 | Statistik Pendidikan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Ganjil | |
PLB339 | Micro Teaching | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Ganjil | |
PLB1.61.3103 | Anak dengan ADHD | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2018/2019 | Ganjil | |
PLB2.61.6201 | Program Pembelajaran Individual | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Genap | |
PLB1.61.4305 | Bina Pribadi dan Sosial | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Genap | |
PLB1.61.4303 | Bina Diri | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Genap | |
PLB1.61.4302 | Bina Bicara | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Genap | |
PLB1.61.2110 | Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran Anak Tunagrahita | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Genap | |
FIP1.61.4401 | Pendidikan Inklusi | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Ganjil | |
PLB1.61.5201 | Statistik Pendidikan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Ganjil | |
PLB1.61.3201 | Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi dan Irama | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Ganjil | |
FIP1.61.4401 | Pendidikan Inklusi | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Ganjil | |
FIP1.61.4401 | Pendidikan Inklusi | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019/2020 | Genap |
PENGALAMAN PENELITIAN |
---|
NO | TAHUN | JUDUL PENELITIAN | KETUA / ANGGOTA TIM | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|
2015 | Pengaruh Program Differential Reinforcement Of Other Behavior (DRO) untuk Mengurangi Perilaku Mengganggu Anak Tunarungu Saat Pembelajaran (Studi Kasus A+ B Di Kelas VII SLB B YRTRWSurakarta) | Ketua | Mandiri | ||
2016 | Inovasi Pembelajaran bagi Anak yang Behadapan dengan Hukum di Lembaga Sosial YPAN Bina Putera Surakarta | Ketua | Mandiri | ||
2016 | Pengetahuan dan Perilaku Siswa Reguler terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi | Ketua | Mandiri | ||
2016 | Penggunaan Preferensi Gaya Belajar Rogers untuk Mengenali Gaya Belajar Siswa Berbakat di Kelas Akselerasi SMA N 3 Surakarta | Ketua | Mandiri | ||
2016 | Studi Kasus Gaya Belajar Siswa Berbakat dan Implikasi Pengembangannya | Ketua | Mandiri | ||
2017 | Pengembangan Model Pelatihan Sensitivitas terhadap Anak Berkebutuhan Khusus bagi Siswa Reguler di Sekolah Inklusi | Ketua | Mandiri | ||
2019 | Pengembangan Media Pembelajaran Sensitivitas terhadap Anak Berkebutuhan Khusus berbasis Android dalam Mewujudkan Lingkungan Pendidikan yang Inklusif | Ketua | PNPB | 15000000 | |
2019 | Pengembangan Media Interaktif Bahasa Isyarat (BISINDO) berbasis Augmented Reality | Anggota | PNPB | 15000000 | |
2020 | Pengembangan dan Perbaikan Alat Ukur Iklim Kelas di Sekolah Menengah Atas | Anggota | DRPM | 300000000 |
ARTIKEL JOURNAL |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | JURNAL | HALAMAN | ISSN | VOLUME | LINK |
---|---|---|---|---|---|---|---|
2016 | Knowledge and Behavior of Regular Students Toward Students With Disabilities in Inclusive School | European Journal of Special Education Research | 21 - 28 | 2501 - 2428/ 2501-2428 | 1 | Go Link | |
2017 | The Need of Disability Awareness Training for Regular Students in Inclusive School | International Journal of Recent Engineering Science | 15 - 19 | 2349-7157 | 4 | Go Link | |
2018 | Sikap Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus | 43 - 46 | 2598-5183/ 2598-2508 | 2 | Go Link | |
2019 | Improving Reading Fluency Through Videoscribe For Student with Learning Disability | International Journal of Research in Counseling and Education | 76 - 81 | 2620-5750/ – 2620-5769 | 3 | Go Link | |
2019 | Teachers’ Attitude Towards Learning Achievement Of Students With Learning Disabilities In Inclusive Schools | Journal of ICSAR | 32 - 36 | 2548-8619/ 2548-8600 | 3 | Go Link | |
2019 | SOCIAL PARTICIPATION OF STUDENTS WITH SPECIAL EDUCATIONAL NEEDS IN INCLUSIVE ELEMENTARY SCHOOLS | SPECIALUSIS UGDYMAS/SPECIAL EDUCATION | 109 - 132 | 1 | Go Link | ||
2020 | Development of an Instrument to Measure the Inclusive Classroom Climate | Konferensi 1st Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2019) | 193 - 196 | 2352-5398 | Go Link | ||
2020 | The Development of Classroom Climate Study in Indonesia (A Historical Perspective) Pengarang A Komariah Hadiyanto, G Kusumastuti, A Priatna, IE Khuluqo | Journal of Talent Development and Excellence | 406 - 414 | Vol. 12 No. 1 (2020): | Go Link | ||
2020 | The Development of Classroom Climate Study in Indonesia (A Historical Perspective). | Talent Development & Excellence | - | Vol. 12 No. 1 (2020) | Go Link |
KONFRENSI DAN SEMINAR |
---|
NO | TAHUN | JENIS KEGIATAN | STATUS | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
2011 | Seminar Nasional Spektrum dan Intervensi Dini Anak Autis | PESERTA | 29 Oktober 2011 | |
2012 | Seminar Nasional Nasionalisasi Pendidikan Solusi Krisis Pendidikan di Indonesia | PESERTA | 27 September 2012 | |
2013 | Seminar Pedoman Materi Profesi Kependidikan dari Berbagai Sumber Profesi | PESERTA | 2 Juli 2013 | |
2015 | Seminar Nasional Pengembangan Aktivitas Seni dan Olahraga Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus | PESERTA | 17 Desember 2015 | |
2019 | Seminar Nasional Identifikasi dan Asesmen Anak Cerdas Istimewa dan/ atau Bakat Istimewa | PANITIA | 7-8 Oktober 2019 | |
2019 | The 3rd International Conference on Special Education " Elevating Innovation for Sustainable Development of Special Needs Education" | PESERTA | 13-15 July 2019 | |
2019 | International Conference on Educational Technology "The Trend of Digital Transformation in Education of Face Society 5.0" | PEMBICARA | 25 July 2019 |
KEGIATAN PROFESIONAL / PENGABDIAN MASYARAKAT |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA KEGIATAN | STATUS | TEMPAT | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|---|
2019 | Program Pelatihan Menggosok Gigi dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB Se-Kota Padang | ANGGOTA | SLB N 1 Kota Padang | PNPB | ||
2019 | Pelatihan Meningkatkan Kemampuan dalam Mengidentifikasi, Asesmen dan Menyusun Program Pembelajaran Individual bagi Guru SLB Bukittinggi | ANGGOTA | SLB Al Ikhlas Bukittingi | Mandiri | ||
2019 | Pelatihan Keterampilan Khusus bagi Guru Sekolah Luar Biasa (Tuna Rungu), Kegiatan Pengembangan Kapasitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA dal PKLK yang diselenggarakan oleh DInas Pendidikan Aceh | ANGGOTA | SEI Hotel Banda Aceh | PNPB | ||
2019 | Pengabdian Kepada Masyarakat Kelompok Guru Sekolah Luar Biasa di Kota Padang | ANGGOTA | SLB N 1 Kota Padang | PNBP | ||
2019 | PKM bagi Guru-Guru Sekolah Luar Biasa dalam Implementasi Pembelajaran berbasis Pengurangan Resiko Bencana bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Solok Selatan | ANGGOTA | SLB N 1 Sungai Pagu Kab. Solok Selatan | PNBP |
PERAN DALAM KEGIATAN KEMAHASISWAAN |
---|
NO | TAHUN | JENIS /NAMA KEGIATAN | TEMPAT |
---|---|---|---|
2019 | Bhakti Sosial Masyarakat (BSM) Jurusan PLB FIP UNP | Pariaman |
ORGANISASI PROFESI/ILMIAH |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA ORGANISASI | JABATAN/JENJANG KEANGGOTAAN |
---|
MAKALAH DAN POSTER |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | PENYELENGGARA |
---|---|---|---|
2015 | A STUDY OF GIFTED STUDENTS’ACADEMIC PREFERENCE AND THE IMPLICATIONS OF DEVELOPMENT PROCESS | 2nd ICET Theme:“IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION AND TRAINING THROUGH STRENGTHENING NETWORKING” | |
2016 | Penggunaan Preferensi Gaya Belajar Rogers Untuk Mengenali Gaya Belajar Siswa Berbakat Di Kelas Akselerasi SMA Negeri 3 Surakarta | Prosiding Ilmu Pendidikan 1 (2) | |
2019 | Using Sign Language to Enhance Vocabulary in Early Childhood with Autism | 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) | |
2019 | Implementation Auditory and Speech Training in Special School and the Implications of Its Development | 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) | |
2019 | Perceptions of ‘Hearing’People on Sign Language Learning | 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) | |
2019 | Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools | 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) | |
2019 | Students’ Awareness Towards People with Special Needs and Implication of Its Learning Technology Development | International Conference on Education Technology (ICoET 2019) |
DAFTAR BUKU |
---|
NO | JUDUL | TAHUN TERBIT | HALAMAN | PENERBIT | ISSN/ISBN | PENULIS |
---|---|---|---|---|---|---|
Sensitivitas terhadap Anak Berkebutuhan Khusus | 2017 | OASE | 9786026492944 | Grahita Kusumastuti, Munawir Yusuf, Dwi Aries Himawanto | ||
Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita | 2019 | 204 | Sukabina Press | 9786237018209 | Kasiyati, Grahita Kusumastuti | |
Strategi Penanganan Anak ADHD | 2019 | 220 | Prenadamedia Group | 9786232183612 | Marlina, Grahita Kusumastuti |
Jabatan Pengelolaan Instansi |
---|
NO | RIWAYAT | JENIS ATAU NAMA ORGANISASI | JABATAN |
---|
Perolehan Penghargaan |
---|
NO | TAHUN | PENGHARGAAN | PEMBERI |
---|
Hak Kekayaan Intelektual |
---|
No | Judul | Tema / HKI | Tahun | Jenis | Nomor/P/ID |
---|---|---|---|---|---|
Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Sensitivitas Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) | Buku Panduan | 2019 | Karya tulis | 000169808 | |
Buku Panduan Pengguanaan Aplikasi BKPBI ( Bina Komunikasi Persepsi Bunyi Dan Irama) | Buku Panduan | 2019 | Karya tulis | 000169071 | |
Aplikasi Augmented Reality IsyARat BISINDO | Karya Lainnya | 2019 | Program Komputer | 000172190 |