|
||||||||||||
Tempat/Tanggal Lahir | Koto kecil, Pasaman / 24 November 1961 | |||||||||||
Jabatan Fungsional | Lektor Kepala | |||||||||||
Jenis Kelamin | P | |||||||||||
Agama | Islam | |||||||||||
Instansi | Fakultas Ilmu Pendidikan UNP | |||||||||||
Bidang | Teknologi Pendidikan Anak berkebutuhan khusus | |||||||||||
Kabupaten / Kotamadya | Padang | |||||||||||
Propinsi | Sumatera Barat |
DATA PENDIDIKAN |
---|
NO | TAHUN LULUS | PROGRAM PENDIDIKAN | PERGURUAN TINGGI | NEGARA | PROGRAM STUDI |
---|---|---|---|---|---|
1986 | S-1 | IKIP Padang | Indonesia | Kurikulum Teknologi Pendidikan | |
2001 | S-2 | Universitas Negeri Padang | Indonesia | Teknologi Pendidikan | |
2014 | S-3 | Universitas Negeri Padang | Indonesia | Ilmu Pendidikan Konsentrasi Teknologi Pendidikan |
PELATIHAN PROFESIONAL |
---|
NO | TAHUN | JENIS PELATIHAN | PENYELENGGARA | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
2005 | PELATIHAN TEKNIS DOSEN PLB BIDANG TUNAGRAHITA | DIREKTUR PEMBINAAN PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN DAN KETENAGAAN PERGURUAN TINGGI | 23 SAMPAI 28 AGUSTUS 2005 | |
2005 | PELATIHAN SISTEM ASSESMEN BERBASIS KOMPETENSI PLB | DIREKTUR PEMBINAAN PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN DAN KETENAGAAN PERGURUAN TINGGI | 12 SAMPAI 15 DESEMBER 2005 | |
2006 | PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PPKP | UNIVERSITAS NEGERI PADANG | 8 SAMPAI 10 JUNI 2006 | |
2008 | PENULISAN BUKU | UNIVERSITAS NEGERI PADANG | TANGGAL 4 DAN 5 AGUSTUS 2008 | |
2011 | SANDWICH PROGRAM | OHIO UNIVERSITY | OKTOBER 2010 SAMPAI JANUARI 2011 | |
2012 | IDENTIFICATION OF LEARNING DISABILITY &INTELECTUAL DISABILITY | USAID, HELEN KELLER INTERNATIONAL.DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN | 30 JANUARI SAMPAI 3 FEBRUARI 2012 | |
2012 | ASSESMENT&INDIVIDUAL EDUCATION PLAN FOR STUDENTS WITH LEARNING DISABILITY | USAID, HELEN KELLER INTERNATIONAL.DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN | 23 APRIL SAMPAI 28 APRIL 2012 | |
2012 | STRATEGIES FOR TEACHING STUDENTS WITH LEARNING DISABILITY | USAID, HELEN KELLER INTERNATIONAL.DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN | 15 OKTOBER SAMPAI 20 OKTOBER 2012 | |
2013 | PENULISAN ARTIKEL ILMIAH NASIONAL | DIREKTORAT PENELITIAN DAN PKM | TANGGAL 12 SAMPAI 14 DESEMBER 2013 | |
2014 | ASESOR BADAN AKREDITASI PROVINSI | BAN SM | 5 SAMPAI 9 AGUSTUS 2014 | |
2018 | RESEARCH REVIEWER | QUANTUM HRM INTERNASIONAL DAN KOMITE AKREDITASI NASIONAL | 5 NOVEMBER SAMPAI 10 NOVEMBER 2018 |
PENGALAMAN MENGAJAR |
---|
NO | KODE MTK | MATA KULIAH | PROGRAM PENDIDIKAN | INSTITUSI/ JURUSAN/ PROGRAM STUDI | TAHUN AKADEMIK | SEMESTER |
---|---|---|---|---|---|---|
PLB317 | Ortopedagogik Berkesulitan Belajar | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2014 | Genap | |
FIP102 | Pedagogi | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Fakultas Ilmu Pendidikan | 2014 | Genap | |
UNP103 | Belajar dan Pembelajaran | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/ | 2014 s/d 2017 | Genap/Ganj | |
PLB219 | Tumbuh Kembang Dan Kesehatan Anak | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2014 s/d 2017 | Genap/Ganj | |
PLB218 | Penelitian Pendidikan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2014 s/d 2017 | Ganjil | |
UNP148 | Dasar-dasar Ilmu Pendidikan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / | 2014 s/d 2017 | Genap | |
PLB204 | Teknologi Pendidikan ABK | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2014 s/d 2017 | Genap/Ganj | |
PLB318 | Strategi Pelayanan Anak Berkesulitan Belajar | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2014 s/d 2017 | Genap/Ganj | |
PLB157 | Statistik Pendidikan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2014 s/d 2017 | Genap | |
PLB215 | Perkembangan Anak | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2014 s/d 2017 | Genap | |
FIP106 | Pendidikan Inklusi | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Fakultas Ilmu Pendidikan | 2014 s/d 2017 | Genap | |
PDA744 | Landasan Filosofi Pendidikan Dasar | S-2 | Universitas Negeri Padang/Fakultas Ilmu Pendidikan | 2014 s/d 2017 | Ganjil |
PENGALAMAN PENELITIAN |
---|
NO | TAHUN | JUDUL PENELITIAN | KETUA / ANGGOTA TIM | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|
2012 | Kompetensi Guru SD dalam Menyelenggarakan Pendidikan Inklusif di SD Kota Padang | Anggota | MANDIRI | 20000000 | |
2013 | KOMPETENSI GURU SLB KOTA PADANG TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF | Ketua | MANDIRI | 40000000 | |
2014 | Model LIRP pada jenjang Pendidikan Dasar di Kota Padang | Anggota | Ristekdikti | 50000000 | |
2014 | Implementasi Model Pelatihan Pendidikan Inklusif Bagi Guru Sekolah Dasar Kota Padang | Ketua | DRPM DIKTI | Rp. 50.000.000,- | |
2015 | Pengembangan Model Bimbingan Karir Untuk Anak Tunarungu Sebagai Upaya Persiapan Kedunia Kerja | Anggota | DRPM DIKTI | Rp. 50.000.000,- | |
2015 | IMPLEMENTASI MODEL PELATIHAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI GURU SD SE KOTA PADANG (LANJUTAN ) | Ketua | DRPM DIKTI | 50000000 | |
2016 | Pengembangan Model Pembelajaran Anak Disleksia di Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang | Ketua | DRPM DIKTI | Rp. 50.000.000,- | |
2016 | Pengembangan Model Bimbingan Karir Untuk Anak Tunarungu Sebagai Upaya Persiapan Kedunia Kerja | Anggota | DRPM DIKTI | Rp. 50.000.000,- | |
2017 | Efektivitas model pembejaran membaca berbasis teknik mingle untuk anak disleksia di SD kota Padang | Ketua | PNBP UNP | 48.000.000 | |
2018 | pengembangan model pembelajaran isyarat kata kunci secagai upaya peningkatan keterampilan berbahasa pada anak autis usia dini | Anggota | Internal UNP | 50000000 | |
2018 | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA BERBASISI TEKNIK MINGLE DI SD INKLUSI KOTA PADANG | Ketua | PNBP UNP | 45000000 |
ARTIKEL JOURNAL |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | JURNAL | HALAMAN | ISSN | VOLUME | LINK |
---|---|---|---|---|---|---|---|
2014 | Effect of Inclusive Education Training Model towar the improvement of teacher competence in Implementation of Inclusive Education at the Primary Schooling Padang City | Proceeding ISFE. | - | Go Link | |||
2014 | Kompetensi Guru dan Pendidikan inklusif di Kota Padang | Proceeding seminar International FIP- JIP se Indonesia | - | Go Link | |||
2014 | Input Dan Pola Rekrutmen Pendidikan Inklusif | Proceeding Seminar Nasional PLB Malang | - | Go Link | |||
2014 | The International seminar on making Padang an inclusive city by improving Public Services for persons with disabilities | Departement of education of Padang city | - | Go Link | |||
2015 | Seminar nasional pengintegrasian Teknologi dalam pembelajaran melalui aktualisasi kurikulum | Proceeding nomor | - | Go Link | |||
2015 | Seminar nasional”profesionalita s praktisi pendidikan khusus” auditorium gubernur sumbar | Nomor sertifikat; 09/Panpel SN/APPKhi/2015 | - | Go Link | |||
2016 | Model Pembelajaran Membaca Anak Dysleksia | International Seminar on Education .Rocky Hotel. Convention Centre Padang. | - | Go Link | |||
2017 | Reading Study Model for Dyslexia Children Based on Mingle Technique | Journal of International Conference on Special Education in Southeast Asia Region, 1 (2): 109-111 http://journal2.um.ac.id/index.php/icsar / | - | Go Link | |||
2017 | Peranan PKM Meningkatakan Keterampilan Menulis Artikel Bagi Guru SLB Se-Kota Padang | Prosiding Seminar Nasional Jurusan PLS FIP UNP | - | Go Link | |||
2018 | THE INFLUENCE OF MENTORING ON TEACHERS PERFORMANCE IN READING INSTRUCTION FOR DISLEKSIA CHILDREN | Proceeding international conference of mental health(Icometh NCP ) | - | - | 1 | Go Link | |
2018 | the effect of mingle model to improve reading skills for students with dyslexia children | ICSAR | - | 2548-8600 | vol 2 number 2 july 2018 | Go Link | |
2020 | FASE DAN TUGAS PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR | Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar | 51 - 59 | e-ISSN: 2685-211X | Vol. VII No. 1 Januari 2020 | Go Link | |
2020 | PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI ANAK SD | Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” | 44 - 50 | e-ISSN: 2685-211X | Vol. VII No. 1 Januari 2020 | Go Link | |
2020 | Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusif di SDN 17 Jawa Gadut | Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development | 38 - 45 | e-ISSN: 2655-0865 | Vol. 2 No. 3 (2020): Vol 2 Issue 3 Mei 2020 | Go Link | |
2020 | Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar | Jurnal Basicedu | 88 - 89 | e-ISSN: 2580-1147 | Vol 5, No 1 (2021) | Go Link | |
2020 | Upaya Penanaman Nilai dan Norma Sebagai Pembentuk Karekter Siswa di SDN 09 Parak Gadang | Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh | 64 - 70 | e-ISSN: 2622-9005 | Vol 7, No 1, April (2020) | Go Link | |
2020 | PERKEMBANGAN BAHASA, EMOSI, DAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR | Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar | 1 - 11 | e-ISSN: 2685-211X | Vol 7, No 1 (2020) | Go Link |
KONFRENSI DAN SEMINAR |
---|
NO | TAHUN | JENIS KEGIATAN | STATUS | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
2011 | Penanganan Anak Berkesulitan Belajar Membaca | PEMBICARA | satu hari | |
2011 | Mengembangkan Karakter Peserta didik Melalui Implementasi Pendidikan Inklusif | PEMBICARA | satu hari | |
2013 | meningkatkan kualitas pendidikan anak berkebutuhan khusus melalui pendidikan inklusif | PEMBICARA | tiga hari | |
2013 | effect inclusive Education training Model Toward the Improvement of teacher Competence in Implementation of Inclusive Education at The Primary School in Padang City | PEMBICARA | tiga haris | |
2014 | input dan pola Rekrutmen Pendidikan Inklusif | PEMBICARA | dua hari | |
2015 | Kontribusi pelatihan dan Pendampingan terhadap Kinerja Guru dalam Penyelenggaraan pendidikan Inklusif | PEMBICARA | satu hari | |
2015 | Kerjasama Stake Holders dalam rangka pengembangan Pendidikan Inklusif | PEMBICARA | tiga hari | |
2016 | Model Pembelajaran Membaca untuk Anak Disleksia | PEMBICARA | tiga hari | |
2017 | Kurikulum setting Inklusi | PEMBICARA | satu hari |
KEGIATAN PROFESIONAL / PENGABDIAN MASYARAKAT |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA KEGIATAN | STATUS | TEMPAT | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|---|
2014 | Kegiatan pelatihan kurikulum 2013 untuk guru PK-PLK se Prof kepulauan Riau di Tj.Pinang | ANGGOTA | Tanjung Pinang | Pribadi | 7.000.000 | |
2014 | Kegiatan pelatihan pendidikan sekolah inklusi PK-PLK di Dinas Pendidikan kab .Pasaman | KETUA | Pasaman | Pribadi | 2.500.000 | |
2014 | Kegiatan Modul Kurikulum pada Pendidikan Inklusif pada SMKN 4 Padang | ANGGOTA | Padang | Pribadi | 750.000 | |
2014 | Tim pembuat Soal dan juri kepala sekolah/guru pendidik khusus berdedikasi tingkat kota Padang | ANGGOTA | Padang | Pribadi | 1.250.000 | |
2015 | Kegiatan pembekalan karya ilmiah bagi Siswa SMALB prof Sumbar Untuk Persiapan Lomba ke Tk Nasional | KETUA | Padang | Pribadi | 1.250.000 | |
2015 | Kegiatan pembuatan naskah Ujian tertulis seleksi Penghargaan guru pendidik khusus kota Padang | PANITIA | Padang | Pribadi | 1.250.000 | |
2016 | IbM Kelompok Kerja Guru kelas (guru reguler) di SD Penyelenggara Pendidikan Inklusif | ANGGOTA | DRPM DIKTI | 36.000.000 | ||
2017 | Kegiatan penulisan soal ujian sekolah berstandar nasional untuk jenjang pendidikan dasar di Kepri | ANGGOTA | Kepri | 7.500.000 | ||
2017 | Iptek Teknis Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru SLB se-Kota Padang | KETUA | Padang | PNBP UNP | 20.000.000 | |
2017 | Pelatihan Identifikasi Bagi Guru SD Inklusi Simalanggang Payakumbuh | ANGGOTA | Payakumbuh | PNBP UNP | 15.000.000 | |
2017 | Pelatihan Asesmen Bagi Guru SD Inklusi Simalanggang Payakumbuh | ANGGOTA | Payakumbuh | PNBP UNP | 15.000.000 | |
2018 | IPTEK Teknis Pembelajaran Membaca Anak Disleksia bagi Guru SDN 19 Kapalo Koto Kec Pauh | KETUA | SDN 19 Kapalo Koto kota Padang | Internal UNP | 20.000.000 | |
2019 | PKM kelompok penyelenggara pendidikan inklusif bagi guru SD dan SLB di desa Tua Pejat kec. Sipora Utara.Kepulauan Mentawai | KETUA | desa tua Pejat | Internal UNP | Rp.18.500.000 |
PERAN DALAM KEGIATAN KEMAHASISWAAN |
---|
NO | TAHUN | JENIS /NAMA KEGIATAN | TEMPAT |
---|---|---|---|
2018 | Membimbing proposal PKM mahasiswa PLB | Kampus jurusan PLB Limau Manis | |
2019 | Membimbing proposal PKM mahasiswa PLB | kampus limau manis |
ORGANISASI PROFESI/ILMIAH |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA ORGANISASI | JABATAN/JENJANG KEANGGOTAAN |
---|
MAKALAH DAN POSTER |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | PENYELENGGARA |
---|
DAFTAR BUKU |
---|
NO | JUDUL | TAHUN TERBIT | HALAMAN | PENERBIT | ISSN/ISBN | PENULIS |
---|---|---|---|---|---|---|
Pendidikan AnakHambatan Perkembangan(perangkat Pembelajaran ) | 2013 | 350 | Irdamurni | |||
Teknologi Pendidikan ABK (perangkat Pembelajaran ) | 2014 | 275 | Irdamurni | |||
Pendidikan Inklusif(buku teks) | 2014 | 250 | Irdamurni | |||
PENDIDIKAN INKLUSIF. Sebagai Solusi dalam Mendidik Anak Istimewa | 2015 | 222 | PAEDEA | 978-602-95727-9-7 | IRDAMURNI & RAHMIATI | |
Memahami anak Berkebutuhan Khusus | 2018 | 338 | Goresan Pena | 978-602-364-442-1 | Dr. Drs IRDAMURNI M.Pd | |
BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK ANAK DISLEKSIA | 2018 | 100 | SUKA BINA PRESS | 978-602-6277-97-8 | IRDAMURNI, JOHANDRI TAUFAN, ZULMIYETRI, KASIYATI | |
PENDIDIKAN INKLUSIF. Solusi dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus | 2019 | 206 | PRENADA MEDIA GROUP | 978-623-218-365-0 | IRDAMURNI |
Jabatan Pengelolaan Instansi |
---|
NO | RIWAYAT | JENIS ATAU NAMA ORGANISASI | JABATAN |
---|---|---|---|
2004 - 2008 Status | JURUSAN PLB FIP UNP | KETUA JURUSAN PLB | |
2006 - 2010 Sampai Sekarang | SENAT FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | ANGGOTA SENAT FIP | |
2017 - 2021 Sampai Sekarang | SENAT FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN | ANGGOTA SENAT FIP UNP |
Perolehan Penghargaan |
---|
NO | TAHUN | PENGHARGAAN | PEMBERI |
---|
Hak Kekayaan Intelektual |
---|
No | Judul | Tema / HKI | Tahun | Jenis | Nomor/P/ID |
---|---|---|---|---|---|
Makanan Sehat bagi Anak Autisme | HKI 06120 | 2017 | Paten | EC00201706109 | |
Pendidikan Inklusif : Sebagai Solusi dalam Mendidik Anak Istimewa | pendidikan Inklusif.HKI04498 | 2017 | Paten | EC00201704764 | |
ANAK BERKESULITAN BELAJAR | Anak Berkesulitan Belajar. HKI:04496 | 2017 | Hak Cipta | EC00201704762 | |
Bahan Ajar Bahasa Indonesia, Membaca Pemahaman Untuk Anak Disleksia | 2018 | Hak Cipta | 000120965 | ||
Memahami Anak Berkebutuhan Khusus | HKI:04497 | 2018 | Paten | EC00201704763 | |
Model Pelatihan Pendidikan Inklusif bagi Guru | Pendidikan Inklusif. HKI 000145148 | 2019 | Paten | EC00201944812 |