|
||||||||||||
Tempat/Tanggal Lahir | Padang / 22 November 1965 | |||||||||||
Jabatan Fungsional | Lektor | |||||||||||
Jenis Kelamin | L | |||||||||||
Agama | Islam | |||||||||||
Instansi | Fakultas Ilmu Pendidikan UNP | |||||||||||
Bidang | Fakultas Ilmu Pendidikan | |||||||||||
Kabupaten / Kotamadya | Padang | |||||||||||
Propinsi | Sumatera Barat |
DATA PENDIDIKAN |
---|
NO | TAHUN LULUS | PROGRAM PENDIDIKAN | PERGURUAN TINGGI | NEGARA | PROGRAM STUDI |
---|---|---|---|---|---|
1988 | D-2 | SGPLBN Padang | Indonesia | Tunagrahita | |
1992 | S-1 | IKIP Bandung | Indonesia | Tunagrahita | |
1999 | S-2 | IKIP Bandung | Indonesia | BK Konsentrasi PLB | |
2015 | S-3 | UPI Bandung | Indonesia | BK Konsentrasi PLB |
PELATIHAN PROFESIONAL |
---|
NO | TAHUN | JENIS PELATIHAN | PENYELENGGARA | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
2004 | Diklat OM Cisarua Bandung | Wiyata guna Bandung | 15 Hari | |
2019 | Diklat Journal scopus | PGSD UNP Padang | 3 Hari |
PENGALAMAN MENGAJAR |
---|
NO | KODE MTK | MATA KULIAH | PROGRAM PENDIDIKAN | INSTITUSI/ JURUSAN/ PROGRAM STUDI | TAHUN AKADEMIK | SEMESTER |
---|---|---|---|---|---|---|
PLB340 | Manajemen dan Advokasi Pendidikan Khusus | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | genap | |
PLB231 | Penulisan Karya Ilmiah | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/ | 2015/2016 | Genap | |
PLB305 | Pendidikan Inklusif | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Genap | |
PLB333 | Pendidikan Anak dengan Hambatan Kecerdasan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Genap | |
PLB340 | Manajemen dan Advokasi Pendidikan Khusus | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Genap | |
PLB157 | Statistik Pendidikan | Jenjang Pendidikan | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Ganjil | |
PLB305 | Pendidikan Inklusif | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Ganjil | |
PLB334 | Pendidikan Anak dengan Hambatan Perkembangan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Ganjil | |
PLB333 | Pendidikan Anak dengan Hambatan Kecerdasan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Ganjil | |
PLB230 | Anatomi, Fisiologi Dan Genetika | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Ganjil | |
PLB231 | Penulisan Karya Ilmiah | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Genap | |
PLB333 | Pendidikan Anak dengan Hambatan Kecerdasan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Genap | |
PLB341 | Metodologi Penelitian Pendidikan Khusus | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2015/2016 | Genap | |
PLB1.61.2110 | Perspektif pembelajaran ATG | D-3 | FIP UNP/PLB | 2020 | Januari=Ju | |
FIP1.61.4401 | Pendidikan Inklusi | S-1/D-IV | FIP UNP/PLB | 2020 | Januari=Ju | |
PLB1.61.4305 | Bina Pribadi Sosial | S-1/D-IV | FIP UNP/PLB | 2020 | Januari=Ju | |
PLB1.61.4303 | Bina Diri | S-1/D-IV | FIP UNP/PLB | 2020 | Januari=Ju | |
PLB1.61.4303 | Bina Diri | S-1/D-IV | FIP UNP/PLB | 2020 | Januari=Ju | |
Bina Diri | S-1/D-IV | FIP UNP/PLB | 2020 | Januari=Ju | ||
PLB1.61.2110 | Perspektif pembelajaran ATG | S-1/D-IV | FIP UNP/PLB | 2020 | Januari=Ju |
PENGALAMAN PENELITIAN |
---|
NO | TAHUN | JUDUL PENELITIAN | KETUA / ANGGOTA TIM | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|
1992 | PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN KONSELING PERKEMBANGAN MELALUI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK TUNGRAHITA RINGAN | Ketua | Mandiri | 6000000 | |
2014 | PENGEMBNGAN PROGRAM OUTREACH COUNSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN | Ketua | DRPM DIKTI | Rp. 32.000.000,- | |
2015 | MODEL OUTREACH COUNSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA SEDANG | Ketua | Mandiri | 30000000 | |
2015 | EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GELAS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERAS! PENGURANGAN DERET KE BAWAH PADA ANAK DISKALKULIA | Ketua | Mandiri | 7000000 | |
2015 | Model outreach Counseling untuk mengembangkan kemandirian ATG | Ketua | Mandiri | ||
2016 | MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT BROS DARI KAIN FLANEL MELALUI METODE DEMONSTRASI BAGI ANAK AUTIS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SLB Autisma YPPA Padang) | Ketua | Mandiri | 6000000 | |
2016 | EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL PAPPER QUILING BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN | Ketua | Mandiri | 5000000 | |
2016 | MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIKTE MELALUI METODE EKSPLISIT INSTRUCTIONS bagi ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI di SLB WACANA ASIH PADANG | Ketua | Mandiri | 5.000000 | |
2017 | MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MEMASANG KANCING BAJU BAGI SISWA HIDROSEPALUS MELALUI MEDIA PUZZLE (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 1 SDLB Negeri 21 Padang Panjang) | Ketua | Mandiri | 5000000 | |
2018 | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT TAPAI SINGKONG BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN (Quasi Exsperimen Design di Kelas VII SLB Negeri 1 Padang) | Ketua | Mandiri | 5.000000 | |
2018 | PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF TERHADAP SISWA AUTISME | Ketua | Mandiri | 5.000000 | |
2018 | MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT BROS DARI KAIN FLANEL MELALUI METODE DEMONSTRASI BAGI ANAK AUTIS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SLB Autisma YPPA Padang) | Ketua | Mandiri | -5.000000 | |
2018 | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYETRIKA PAKAIAN MELALUI METODE DEMONSTRASI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII/C DI SLB AMAL BHAKTI SICINCIN | Ketua | Mandiri | 8000000 | |
2018 | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN STRUKTUR KALIMAT (SPOK) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS VIII MELALUI GAME EDUKASI | Ketua | Mandiri | 5000000 | |
2018 | Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Padang | Ketua | Mandiri | 5.000000 | |
2019 | MENINGKATKAN KETAHANAN DUDUK ANAK GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIFITAS (GPPH) MELALUI MEWARNAI DI SDLB N. 20 PONDOK DUO PARIAMAN | Ketua | Mandiri | 6.000000 | |
2019 | MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT KOTAK MAHAR PERNIKAHAN MELALUI METODE LATIHAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN | Ketua | Mandiri | 5000000 |
ARTIKEL JOURNAL |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | JURNAL | HALAMAN | ISSN | VOLUME | LINK |
---|---|---|---|---|---|---|---|
2018 | Improve Resistance Seating For Children Of Attention Deficit And Hyperactivity Disorders Through Coloring Activity At SDLB N.20 Pondok Duo Pariaman | iccar | 1 - 9 | 13 | Go Link |
KONFRENSI DAN SEMINAR |
---|
NO | TAHUN | JENIS KEGIATAN | STATUS | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
2018 | international seminar special education | PANITIA | 3 Hari | |
2018 | ICSGD | PEMBICARA | 3 Hari |
KEGIATAN PROFESIONAL / PENGABDIAN MASYARAKAT |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA KEGIATAN | STATUS | TEMPAT | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|---|
2018 | PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT TAPAI | KETUA | slbn 1 padang | Mandiri | 5000000 | |
2018 | Seating For Children Of Attention Deficit And Hyperactivity Disorders Through Coloring Activity | KETUA | SDLB Pariaman | Mandiri | 5000000 | |
2018 | Keterampilan membuat gantungan kunci manik-manik melalui metode practice rehearsal pairs pada anak tunarungu | KETUA | slbn Payakumbuh | Mandiri | 5000000 |
PERAN DALAM KEGIATAN KEMAHASISWAAN |
---|
NO | TAHUN | JENIS /NAMA KEGIATAN | TEMPAT |
---|
ORGANISASI PROFESI/ILMIAH |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA ORGANISASI | JABATAN/JENJANG KEANGGOTAAN |
---|---|---|---|
2005 | Keterampilan membuat gantungan kunci manik-manik melalui metode practice rehearsal pairs pada anak t | Ketua | |
2006 | Pembimbing Hima PLB | Ketua |
MAKALAH DAN POSTER |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | PENYELENGGARA |
---|---|---|---|
2000 | BIMBINGAN ORANG TUA DALAM INTERVENSI ANAK TUNARUNGU SUATU UPAYA OPTIMALISASI KEMANDIRIAN | Jurusan PLB | |
2000 | PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA MENCAPAI KEMANDIRIAN | Jurusan PLB | |
2008 | BIMBINGAN SOSIAL PSIKOLOGIS BERBASIS LINTAS BUDAYA PADA ANAK TUNARUNGU | Jurusan PLB | |
2015 | PENDIDIKAN INKLUSI : MEREALISASI WAJIB BELAJAR 9 TAHUN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI INDONESIA | FIP UNP | |
2018 | KETERAMPILAN MASSAGE PADA PENYANDANG TUNANETRA | Dan Temu Karya Dekan FIP/FKIP BKS-PTNWilayah Barat Indonesia | |
2018 | KONSELING BEHAVIORAL | Jurusan PLB | |
2018 | PENDIDIKAN INKLUSI : SUATU MODEL ALTERNATIF PENINGKATAN SDM BAGI ALB DI INDONESIA | Pasca UPI Bandung | |
2019 | “PENGARUH OTORITERISASI BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP REMAJA TUNAGRAHITA” | Indonesia-Malaysia |
DAFTAR BUKU |
---|
NO | JUDUL | TAHUN TERBIT | HALAMAN | PENERBIT | ISSN/ISBN | PENULIS |
---|---|---|---|---|---|---|
Model outreach counseling dalam mengembangkan kemandirian anak tunagrahita sedang | 2017 | 96 | jon Efendi | |||
outreach counseling | 2018 | jon Efendi |
Jabatan Pengelolaan Instansi |
---|
NO | RIWAYAT | JENIS ATAU NAMA ORGANISASI | JABATAN |
---|---|---|---|
2016 - 2020 Sampai Sekarang | Ketua labor PLB FIP UNP | Ketua |
Perolehan Penghargaan |
---|
NO | TAHUN | PENGHARGAAN | PEMBERI |
---|---|---|---|
2015 | Satya Lencana pengabdian dosen 10 tahun | Pemerintah Indonesia |
Hak Kekayaan Intelektual |
---|
No | Judul | Tema / HKI | Tahun | Jenis | Nomor/P/ID |
---|