|
||||||||||||
Tempat/Tanggal Lahir | Jambi / 03 September 1990 | |||||||||||
Jabatan Fungsional | CPNS | |||||||||||
Jenis Kelamin | L | |||||||||||
Agama | Islam | |||||||||||
Instansi | Fakultas Ilmu Pendidikan UNP | |||||||||||
Bidang | ||||||||||||
Kabupaten / Kotamadya | Padang | |||||||||||
Propinsi | Sumatera Barat |
DATA PENDIDIKAN |
---|
NO | TAHUN LULUS | PROGRAM PENDIDIKAN | PERGURUAN TINGGI | NEGARA | PROGRAM STUDI |
---|---|---|---|---|---|
2003 | SD/MI | Indonesia | |||
2006 | SMP/MTs/PGA 4 Thn | Indonesia | |||
2009 | SMA/SMK/MA/SPG/PGAA 6 Thn | Indonesia | |||
2013 | S-1 | Universitas Negeri Padang | Indonesia | Pendidikan Luar Biasa | |
2016 | S-2 | Universitas Pendidikan Indonesia | Indonesia | Pendidikan Kebutuhan Khusus |
PELATIHAN PROFESIONAL |
---|
NO | TAHUN | JENIS PELATIHAN | PENYELENGGARA | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
2017 | Workshop Revitalisasi Kurikulum | Universitas Negeri Padang | ||
2017 | Workshop Pengembangan Jurnal Berbasis OJS | Universitas Negeri Padang | ||
2018 | Workshop Sitasi Karya Ilmiah | Universitas Negeri Padang | ||
2018 | Coaching Clinic Penulisan Artikel di Jurnal Terindeks | Universitas Negeri Padang |
PENGALAMAN MENGAJAR |
---|
NO | KODE MTK | MATA KULIAH | PROGRAM PENDIDIKAN | INSTITUSI/ JURUSAN/ PROGRAM STUDI | TAHUN AKADEMIK | SEMESTER |
---|---|---|---|---|---|---|
PLB1.61.1104 | Asesmen | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2017/2018 | GANJIL | |
Pendidikan Inklusi | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2017/2018 | GENAP | ||
Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2017/2018 | GENAP | ||
Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2017/2018 | GENAP | ||
Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran Anak Tunalaras | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2017/2018 | GENAP | ||
Pembelajaran Seni | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2017/2018 | GENAP | ||
Pendidikan Anak dengan Hambatan Kecerdasan | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2017/2018 | GENAP | ||
PLB157 | Statistik Pendidikan | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2017/2018 | GANJIL | |
PLB337 | Pendidikan Anak dengan Hambatan Emosi dan Perilaku | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2017/2018 | GANJIL | |
Statistik Pendidikan | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GENAP | ||
Baca Tulis Braille | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GENAP | ||
Baca Tulis Braille | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GENAP | ||
Bina Pribadi dan Sosial | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GENAP | ||
Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran Anak Tunanetra | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GENAP | ||
Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran Anak Tunalaras | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GENAP | ||
Pembelajran Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Kewarganegaraan | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GANJIL | ||
Statistik Pendidikan | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GANJIL | ||
Anak Berkesulitan Belajar | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GANJIL | ||
Asesemen | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2018/2019 | GANJIL | ||
PLB1.61.4305 | Bina Pribadi dan Sosial | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GENAP | |
FIP1.61.4401 | Pendidikan Inklusi | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GENAP | |
PLB1.61.2112 | Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran Anak Tunalaras | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GENAP | |
PLB1.61.2108 | Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran Anak Tunanetra | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GENAP | |
PLB1.61.4301 | Baca Tulis Braille | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GENAP | |
Asesmen | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GANJIL | ||
Asesmen | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GANJIL | ||
Orientasi dan Mobilitas | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GANJIL | ||
Pembelajaran Anak Berkesulitan Belajar | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GANJIL | ||
Statistik Pendidikan | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GANJIL | ||
Magang Pendidikan Khusus | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GANJIL | ||
PLB2.61.6102 | Teknologi Adaptif dan Asistif | S-1/D-IV | UNP/PLB | 2019/2020 | GENAP |
PENGALAMAN PENELITIAN |
---|
NO | TAHUN | JUDUL PENELITIAN | KETUA / ANGGOTA TIM | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|
2013 | Pengaruh Program JAWS Terhadap Kemampuan Mengetik pada Tunanetra di PSBN Tuah Sakato Padang | Ketua | Mandiri | ||
2016 | Program Pelatihan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Braille bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Tunanetra | Ketua | Mandiri | ||
2018 | Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Membuat Ikan Bakar dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Anak dengan Hambatan Pendengaran | Anggota | PNBP | 18000000 | |
2019 | Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bercocok Tanam Hidroponik dalam Pemanfaatan Lahan Sempit pada Anak Tunarungu | Ketua | PNBP | 16000000 | |
2020 | PENGEMBANGAN APLIKASI COMPUTER BASED TEST UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI BRAILLE BAGI GURU PENDIDIK KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF KOTA PADANG | Ketua | PNBP | 20000000 | |
2020 | PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK DISLEKSIA | Anggota | PNBP | 17500000 |
ARTIKEL JOURNAL |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | JURNAL | HALAMAN | ISSN | VOLUME | LINK |
---|---|---|---|---|---|---|---|
2018 | Efektivitas Metode Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Anak Berkesulitan Belajar | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus | 1 - 5 | 2598-2508 | 2 (2) | Go Link | |
2018 | Improving the ability of subtraction through numerical card puzzles media for students with hearing impairment | Journal of Counseling and Educational Technology | 28 - 32 | 2654-9786 | 1 (2) | Go Link | |
2018 | Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Program Jaws Melalui Tutor Sebaya Bagi Anak Tunanetra | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | 118 - 125 | 2622-5077 | 6 (2) | Go Link | |
2018 | Pembelajaran Keterampilan Membuat Ikan Bakar Bagi Anak Hambatan Pendengaran | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus | 48 - 50 | 2598-2508 | 2 (2) | Go Link | |
2019 | Program Pelatihan Menggosok Gigi dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB Se-Kota Padang | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus | 35 - 38 | 2598-2508 | 3 (2) | Go Link | |
2019 | Efektivitas Metode Latihan Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Bercocok Tanam Kangkung Hidroponik. Penulis ketiga | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | 210 - 215 | 2622-5077 | 7 (1) | Go Link | |
2020 | Development of Multimedia Learning in Hydroponic Farming on Children with Hearing Impairment | Journal of Physics: Conference Series | 012 - 072 | Go Link |
KONFRENSI DAN SEMINAR |
---|
NO | TAHUN | JENIS KEGIATAN | STATUS | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
2017 | Seminar Nasional dalam Rangka Hari Disabilitas Internasional | PANITIA | ||
2018 | ICSESI Ist International Conference on Special Education and Social Inclusion | PANITIA |
KEGIATAN PROFESIONAL / PENGABDIAN MASYARAKAT |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA KEGIATAN | STATUS | TEMPAT | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|---|
2019 | Program Pelatihan Menggosok Gigi dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang | KETUA | SLB N 1 Kota Padang | PNBP | 16750000 |
PERAN DALAM KEGIATAN KEMAHASISWAAN |
---|
NO | TAHUN | JENIS /NAMA KEGIATAN | TEMPAT |
---|
ORGANISASI PROFESI/ILMIAH |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA ORGANISASI | JABATAN/JENJANG KEANGGOTAAN |
---|---|---|---|
2017- Sekarang | APPKhi | Anggota |
MAKALAH DAN POSTER |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | PENYELENGGARA |
---|
DAFTAR BUKU |
---|
NO | JUDUL | TAHUN TERBIT | HALAMAN | PENERBIT | ISSN/ISBN | PENULIS |
---|---|---|---|---|---|---|
Penulisan Karya Ilmiah | 2019 | Prenada | Dra. Zulmiyetri, M.Pd.; Dr. Nurhastuti, M.Pd.; Safaruddin, M.Pd. | |||
Bimbingan Pengembangan Diri Anak Berkebutuhan Khusus | 2019 | Prenada | Prof. Dr. Mega Iswari, M.Pd.; Safaruddin, M.Pd. |
Jabatan Pengelolaan Instansi |
---|
NO | RIWAYAT | JENIS ATAU NAMA ORGANISASI | JABATAN |
---|---|---|---|
2018 - 2020 Sampai Sekarang | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus | Editor | |
2018 - 2020 Sampai Sekarang | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | Editor in Chief | |
2020 - Sampai Sekarang | Himpunan Mahasiswa Jurusan PLB UNP | Pembimbing |
Perolehan Penghargaan |
---|
NO | TAHUN | PENGHARGAAN | PEMBERI |
---|
Hak Kekayaan Intelektual |
---|
No | Judul | Tema / HKI | Tahun | Jenis | Nomor/P/ID |
---|