|
||||||||||||
Tempat/Tanggal Lahir | Ujung Tanah / 02 September 1969 | |||||||||||
Jabatan Fungsional | Guru Besar | |||||||||||
Jenis Kelamin | P | |||||||||||
Agama | Islam | |||||||||||
Instansi | Fakultas Ilmu Pendidikan UNP | |||||||||||
Bidang | Pendidikan Luar Biasa | |||||||||||
Kabupaten / Kotamadya | Padang | |||||||||||
Propinsi | Sumatera Barat |
DATA PENDIDIKAN |
---|
NO | TAHUN LULUS | PROGRAM PENDIDIKAN | PERGURUAN TINGGI | NEGARA | PROGRAM STUDI |
---|---|---|---|---|---|
1982 | SD/MI | SD | Indonesia | SD | |
1985 | SMP/MTs/PGA 4 Thn | MTsN | Indonesia | MTsN | |
1988 | SMA/SMK/MA/SPG/PGAA 6 Thn | Sekolah Menengah Ekonomi Atas | Indonesia | Akuntansi | |
1990 | D-2 | Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa | Indonesia | Pendidikan Anak Tunanetra | |
1995 | S-1 | IKIP Yogyakarta | Indonesia | Pendidikan Luar Biasa | |
2004 | S-2 | Universitas Gadjah Mada | Indonesia | Psikologi Pendidikan | |
2013 | S-3 | Universitas Negeri Malang | Indonesia | Psikologi Pendidikan |
PELATIHAN PROFESIONAL |
---|
NO | TAHUN | JENIS PELATIHAN | PENYELENGGARA | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
1998 | Pelatihan Bahasa Inggris | Balai Bahasa IKIP Padang | 08 Juni 1998 - 04 Desember 1998 | |
1998 | Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Gol III | IKIP Padang | 12 Nopember 1998 - 01 Desember 1998 | |
2000 | Pelatihan Penulisan Artikel untuk Jurnal Ilmiah | Lembaga Penelitian Universitas Negeri Padang | 14 Oktober 2000 - 28 Oktober 2000 | |
2003 | Pelatihan Pengembangan Pembelajaran bagi Dosen | Universitas Negeri Padang | 21 Juli 2003 - 09 Agustus 2003 | |
2005 | Pelatihan Asesor Propinsi Sumatera Barat | Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat | 3 hari | |
2011 | English Course | Universitas Negeri Malang | 08 Februari 2011 - 31 Maret 2011 | |
2013 | Pelatihan Kurikulum 2013 | LPMP Propinsi Sumatera Barat | 7 hari | |
2014 | Pelatihan Asesor SD/MI, SLB, SMA/MA, SMK | Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat | 3 hari | |
2018 | Pelatihan Resertifikasi Asesor Sekolah | Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat | 4 hari | |
2018 | Reviewer Penelitian Angkatan IV Tahun 2018 | Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan | 7-10 November 2018 | |
2019 | Pelatihan dan Workshop Peningkatan Kualitas Output Penelitian Tahun 2019 | STKIP PGRI Padang | 28 Februari 2019 sampai 1 Maret 2019 |
PENGALAMAN MENGAJAR |
---|
NO | KODE MTK | MATA KULIAH | PROGRAM PENDIDIKAN | INSTITUSI/ JURUSAN/ PROGRAM STUDI | TAHUN AKADEMIK | SEMESTER |
---|---|---|---|---|---|---|
PLB157 | Statistik Pendidikan | S-1/D-IV | Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang | 2009 | Januari-Ju | |
PLB205 | Penelitian Kuantitatif | S-1/D-IV | Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang | 2009 | Januari-Ju | |
GSD303 | Keterampilan Dasar Komputer | S-1/D-IV | Pendidikan Guru Sekolah Dasar/Universitas Negeri Padang | 2009 | Juli-Desem | |
PLB131 | Psikiatri | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2009 | Januari-Ju | |
PLB317 | Ortopedagogik Berkesulitan Belajar | S-1/D-IV | Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang | 2010 | Genap | |
PLB145 | Pengantar Asesmen | S-1/D-IV | Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang | 2014 | Genap | |
PLB315 | Ortopedagogik Gangguan Emosi, Perilaku dan Sosial | S-1/D-IV | Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang | 2014 | Genap | |
PDA744 | Landasan Filosofi Pendidikan Dasar | S-2 | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2014 - 2015 | Ganjil | |
PLB218 | Penelitian Pendidikan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa | 2014 - 2015 | Ganjil | |
PLB332 | Pendidikan Anak dengan Kecerdasan dan Bakat Istimewa | S-1/D-IV | FIPakultas Ilmu Pendidikan / Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2014 - 2015 | Ganjil | |
PLB316 | Ortopedagogik Kecerdasan dan Bakat Istimewa | S-1/D-IV | FIPakultas Ilmu Pendidikan / Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2014 - 2015 | Ganjil | |
UNP149 | Psikologi Pendidikan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2014 - 2015 | Ganjil | |
PLB337 | Pendidikan Anak dengan Hambatan Emosi dan Perilaku | S-1/D-IV | Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang | 2015 | Ganjil | |
PLB341 | Metodologi Penelitian Pendidikan Khusus | S-1/D-IV | Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang | 2016 | Genap | |
FIP1.61.4401 | Pendidikan Inklusi | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/FIP | 2019 | 3 | |
PDA1.82.1006 | Metode Penelitian | S-2 | Universitas Negeri Padang/S2 Pendidikan Dasar | 2019 | 2 | |
PDA1.82.1001 | Landasan Filosofi Pendidikan Dasar | S-2 | Universitas Negeri Padang/S2 Pendidikan Dasar | 2019 | 1 | |
PLB1.61.3101 | Anak dengan Kecerdasan dan Bakat Istimewa | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019 | 1 | |
PLB1.61.3103 | Anak dengan ADHD | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2019 | 3 | |
PLB2.61.6101 | Komunikasi Alternatif dan Augmentatif | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2020 | 6 | |
PLB1.61.6401 | Metodologi Penelitian Pendidikan Khusus | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2020 | 6 | |
PLB332 | Pendidikan Anak dengan Kecerdasan dan Bakat Istimewa | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2020 | 3 | |
PLB1.61.4306 | Pengembangan Bakat dan Kreatifitas | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2020 | 4 | |
PLB1.61.2112 | Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran Anak Tunalaras | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2020 | 2 | |
PLB1.61.3110 | Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2020 | 3 | |
UNP1.61.2101 | Psikologi Pendidikan | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | 2020 | 2 | |
PLB233 | Asesmen ABK | S-1/D-IV | Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa | Juli - Desember | Ganjil |
PENGALAMAN PENELITIAN |
---|
NO | TAHUN | JUDUL PENELITIAN | KETUA / ANGGOTA TIM | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|
2001 | Eksperimentasi Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak | Ketua | DIPA UNP | 5.000.000 | |
2001 | Peranan Ibu dalam Pembinaan Pendidikan Khusus (Kemampuan Merawat Diri) Anak Tunagrahita | Anggota | - | - | |
2005 | Pengaruh Kemampuan Penyesuaian Sekolah dan Tingkat Penerimaan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Si | Ketua | |||
2006 | Peningkatan Keterampilan Guru dalam Melakukan Asesmen terhadap Anak Berkesulitan Belajar di SD se Ke | Ketua | |||
2007 | Manajemen Emosi Negatif Melalui Buku ”Jendela Hatiku” pada Anak Tunarungu yang Diasramakan (Resi | Ketua | |||
2009 | Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif pada GPPH di SLB Wacana | Ketua | |||
2014 | Implementasi Model Peer Mediated Social Skills Intervention Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah | Ketua | DRPM Kemenristekdikti | 50.000.000 | |
2015 | Implementasi Model Peer Mediated Social Skills Intervention pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah | Ketua | DRPM Kemenristekdikti | 50.000.000 | |
2016 | Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry Learning Berbasis Web Enhanced Learning untuk Meningkatkan K | Ketua | DRPM Kemenristekdikti | 50.000.000 | |
2018 | Pengembangan Model Pembelajaran Isyarat Kata Kunci sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Anak Autis Usia Dini | Ketua | PNBP Universitas Negeri Padang | 40000000 | |
2019 | Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif (Tahun Pertama) | Ketua | DRPM Kemenristekdikti | 72000000 | |
2019 | Pengembangan Model Pembelajaran Isyarat Kata Kunci sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Anak Autis Usia Dini (Tahun Kedua) | Ketua | PNBP | 50000000 | |
2020 | Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif (Tahun Kedua) | Ketua | DRPM Kemenristekdikti | 60000000 |
ARTIKEL JOURNAL |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | JURNAL | HALAMAN | ISSN | VOLUME | LINK |
---|---|---|---|---|---|---|---|
2010 | Manajemen Emosi Negatif pada Anak Tunarungu yang Diasramakan | JASSI ANAKKU 9 (1), 22-34 | 22 - 34 | ISSN: 1412-9337 | Vol 9, No 1 | Go Link | |
2014 | Kelompok Teman Sebaya, Popularitas, dan Preferensi Sosial Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif | Peneltian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa 1 (1), 8-14 | 8 - 14 | 2355-746X | Volume 1 Nomor 1 | Go Link | |
2014 | KETERAMPILAN SOSIAL ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF | Penelitian Pendidikan 5 (1) | 9 - 21 | 1978-5461 | Volume 5 Nomor 1 | Go Link | |
2014 | Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Pecahan Dalam Pemecahan Masalah Melalui Media Puzzle Bagi Anak Berkesulitan Belajar | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | - | 2622-5077 | 3 | Go Link | |
2014 | Peer Mediated Intervention untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif | Jurnal Pendidikan Humaniora | 368 - 382 | 2338-8110 | 2 | Go Link | |
2014 | MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL RAMBU-RAMBU DI SEKOLAH MELALUI METODE SIMULASI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SLB N CENTER PAYAKUMBUH | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | - | 2622-5077 | 3 | Go Link | |
2014 | MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA GRAFIK MELALUI MEDIA GRAFIK TIMBUL PADA ANAK TUNANETRA KELAS XI SMA N 2 PAINAN | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | - | 2622-5077 | 3 | Go Link | |
2014 | Peer-Mediated Interventions dan Keterampilan Sosial pada Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif | PROCEEDING GUIDANCE AND COUNSELING INTERNATIONAL SEMINAR AND WORKSHOP | 216 - 230 | Go Link | |||
2015 | Layanan Proses Pembelajaran pada Anak Berkesulitan Belajar | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | 1 - 14 | 4 | Go Link | ||
2015 | Peer Mediated Intervention for Improving Social Skills of Children with Learning Disabilities in Inclusive Elementary School | Jurnal Pendidikan Humaniora 2 (4), 368-382 | 368 - 382 | E-ISSN 2442-3890 | Volume 2 Nomor 4 | Go Link | |
2015 | THE EFFECTIVENESS OF WOODEN BALL TO INTRODUCE BASIC COLORS TO THE STUDENTS WITH LIGHT MENTAL RETARDATION IN CLASS D1/C OF SLB FAN REDHA PADANG (Single Subject Research) | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | - | 2622-5077 | 4 | Go Link | |
2016 | Tugas Pokok Guru Pendidik Khusus Pendidikan Inklusi | Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus | - | 5 | Go Link | ||
2016 | Implementasi Model PMSSI untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusif | International Seminar on Education 2nd | 880 - 887 | Go Link | |||
2017 | Developing Peer-Mediated Social Skills Intervention Model for Children with Special Needs | 1031 - 1040 | Go Link | ||||
2017 | Efektifitas Prosedur Aversi Untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Amal Bhakti Sicincin | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | - | 5 | Go Link | ||
2017 | Mengurangi Perilaku Hiperaktivitas Melalui Prosedur Penyisihan Sesaat (Time Out) bagi Anak Autisme | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | - | 5 | Go Link | ||
2017 | Efektivitas Media Garismatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian pada Anak Low Vision Kelas V di SLB A Payakumbuh | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | 183 - 191 | 4 | Go Link | ||
2017 | Increasing Self-Regulated Learning of Students with Special Needs through the ILBaWEL Model | Journal of ICSAR Volume 1 Number 1 January 2017 | 72 - 80 | E-ISSN 2548-8600 | 1 | Go Link | |
2017 | Pelaksanaan Tugas Pokok Guru Pendidik Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | - | 2622-5077 | 5 | Go Link | |
2017 | Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan dan Workshop Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Luar Sekolah | 69 - 76 | Go Link | |||
2017 | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MATA UANG MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS X SMALB AL-AZHAR BUKITTINGGI | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | - | 2622-5077 | 5 | Go Link | |
2017 | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENULISAN ARTIKEL HASIL PTK BAGI GURU SLB | UNES Journal of Community Service 2 (2), 174-179 | 174 - 179 | p-ISSN : 2528-5572, e-ISSN : 2528-6846 | 2 | Go Link | |
2017 | Pengaruh Model Pemebelajaran SAVI pada Keterampilan Bina Diri bagi Anak Tunagrahita | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus | - | 2598-5183 | 1 | Go Link | |
2017 | Increasing Social Behavior through Self-Management Strategy with Children with Autism in the Inclusive Kindergarten | Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 169 International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017) | 153 - 156 | 2352-5398 | 169 | Go Link | |
2017 | Teacher’s Attitude and Peer Acceptance to Children with Special Needs in Inclusive Primary Schools | Advances in Social Science, Education and Humanities Research 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET) | 245 - 252 | 2352-5398 | 118 | Go Link | |
2018 | Peningkatan Ketahanan Duduk dan Pengurangan Perilaku Meninggalkan Tempat Duduk Melalui Teknik Time Out pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2 (1), 26-31 | 26 - 31 | ISSN: Print 2598-5183 – Online 2598-2508 | Volume II Nomor I Tahun 2018 | Go Link | |
2018 | Model Pembelajaran Berbasis Game Flash Tau Jo Huruf bagi Anak Downsyndrome | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2 (1), 1-6 | 1 - 6 | ISSN: Print 2598-5183 – Online 2598-2508 | I Nomor 1 | Go Link | |
2018 | Improving Ability of Detecting Object Distance Through U-Qorselin Tools on Person with Visually Impaired | Journal of ICSAR 2 (2) | 158 - 162 | ISSN 2548-8619 | Volume 2 Number 2 July 2018 | Go Link | |
2018 | Peningkatan Kemampuan Bina Diri Melalui Media Audio Visual pada Anak Tunagrahita Ringan | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus | 12 - 17 | 2598-2508 | Vol 3 No 1 | Go Link | |
2018 | Efektivitas Shaping-Token Economy dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Tunagrahita Ringan | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | 150 - 155 | 2622-5077 | 6 | Go Link | |
2018 | Penggunaan Token Economic untuk Mengurangi Perilaku Agrsif pada Anak dengan Gangguan Intelektual | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | 224 - 229 | 2622-5077 | 6 | Go Link | |
2018 | Peningkatkan Keterampilan Bina Diri Melalui Teknik Shaping Pada Siswa Tunagrahita Ringan | Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus (JUPPEKhu) | 186 - 191 | 2622-5077 | 6 | Go Link | |
2018 | Implementation of Group Guidance Services To Improve Student Understanding About Academic Procrastination | International Conference on Education, Islamic Studies and Social Sciences Research 2018 | 8 - 12 | Go Link | |||
2018 | Persepsi Guru Mata Pelajaran terhadap Tugas Pokok Guru Pendidik Khusus di Sekolah Menengah Pertama Inklusif se-Kota Padang | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6 (1), 250-255 | 250 - 255 | E ISSN: 2622-5077 | 6 | Go Link | |
2018 | Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat dengan Model Pembelajaran Picture and Picture bagi Anak Tunarungu Kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6 (1), 268-274 | 268 - 274 | E ISSN: 2622-5077 | 6 | Go Link | |
2018 | Mengurangi Perilaku Hiperaktif Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Teknik Extinction | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6 (1), 7-13 | 7 - 13 | E ISSN: 2622-5077 | 6 | Go Link | |
2018 | Perilaku Bullying terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Kota Padang | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6 (1) | 1 - 6 | E ISSN: 2622-5077 | 6 | Go Link | |
2018 | KETERAMPILAN MEMBUAT KOTAK TISU MELALUI PENDEKATAN PAKEM BAGI ANAK TUNARUNGU | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2 (1), 22-25 | 22 - 25 | E ISSN: 2622-5077 | 2 | Go Link | |
2018 | PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN SAMPAH MELALUI MEDIA SAMPAH BERBICARA PADA PENYANDANG TUNANETRA | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2 (1), 19-21 | 19 - 21 | E ISSN: 2622-5077 | 2 | Go Link | |
2019 | Implementation of Solutions-Focused Counseling (SFC) to Improve Student Motivation: A Single Subject Research | Journal of ICSAR | 8 - 14 | 2548-8600 | Vol 3 No 1 | Go Link | |
2019 | Improving place value ability for children with learning disability using balok pelangi dienes as Media | Journal of Physics: Conference Series | 032007 - | 1321 (2019) 032007 | Volume 1321, Section 3 | Go Link | |
2019 | EFEKTIVITAS VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DESAIN GRAFIS BAGI ANAK TUNARUNGU | Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development | 1 - 6 | 2655-0865 | Vol 2 No 1 | Go Link | |
2019 | Realistic Mathematics Education (RME) Approach to Enhance Mathematical Cognition of Elementary School Students | Journal of Physics: Conference Series | 1 - 5 | 1387 | Go Link | ||
2019 | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD | Jurnal Basicedu | 508 - 513 | 2580-3735 | 3 | Go Link | |
2019 | Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Deaf Logic Dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Pada Siswa Tunarungu | PAKAR PENDIDIKAN | 67 - 80 | 2303-2219 | 17 | Go Link | |
2019 | Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools | 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) | 678 - 681 | 2352-5398 | 382 | Go Link | |
2019 | Bullying at Students with Special Needs in Inclusive Schools: Implication For Role of Special Teachers | 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) | 86 - 89 | 2352-5398 | 382 | Go Link | |
2019 | Using Sign Language to Enhance Vocabulary in Early Childhood with Autism | 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) | 265 - 268 | 2352-5398 | 388 | Go Link | |
2019 | Peningkatan Kemampuan Bina Diri Melalui Media Audio Visual pada Anak Tunagrahita Ringan | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus | 12 - 17 | 3 | Go Link | ||
2019 | Peningkatan Kelincahan Gerak Anak Tunagrahita Ringan Melalui Gerakan Basic Breakdance | Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus | 47 - 53 | 2598-5183 | 6 | Go Link | |
2019 | Teachers’ Attitude Towards Learning Achievement Of Students With Learning Disabilities In Inclusive Schools | Journal of ICSAR | 32 - 36 | 2548-8619 | 3 | Go Link | |
2019 | Pola Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Padang | Pakar Pendidikan | 43 - 52 | 2303-2219 | 17 | Go Link | |
2019 | SOCIAL PARTICIPATION OF STUDENTS WITH SPECIAL EDUCATIONAL NEEDS IN INCLUSIVE ELEMENTARY SCHOOLS | SPECIALUSIS UGDYMAS/SPECIAL EDUCATION | 121 - 132 | 2424-3299 | 1 Nomor 39 | Go Link | |
2019 | Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Sedang di SLB N 02 Padang | Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education | 165 - 174 | 2541-2434 | 4 Nomor 2 | Go Link | |
2019 | EFEKTIVITAS VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT SNACK BOUQUET PADA ANAK TUNARUNGU | Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development | 1045 - 1051 | 2655-0865 | 1 Nomor 4 | Go Link | |
2019 | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik | Jurnal Basicedu | 1047 - 1054 | 2580-3735/2580-1147 | 4 | Go Link | |
2019 | Improving place value ability for children with learning disability using balok pelangi ienes as Media | Journal of Physics: Conference Series | 1 - 8 | 1742-6588 | 1321 | Go Link | |
2020 | Persepsi Mahasiswa Reguler dan Disabilitas terhadap Layanan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas | Jurnal Basicedu | 1434 - 1340 | e-ISSN: 2580-1147 | Vol 4, No 4 (2020) | Go Link | |
2020 | Group Guidance to Increase Peer Counselor and Understanding of Bullying | International Journal of Applied Counseling and Social Sciences | 25 - 30 | online: 2657-0564 | 3 nomor 1 | Go Link | |
2020 | The Effectiveness of Cognitive Restructuring Techniques to Improve of Comprehension of Drug Abusers Among Student | Journal of Educational and Learning Studies | 25 - 29 | e-ISSN: 2655-2779 | Vol 3, No 1 (2020) | Go Link | |
2020 | Penggunaan Video Tutorial Gerak Dasar Senam Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Sedang | Jurnal Basicedu | 41 - 46 | e-ISSN: 2580-1147 | Vol 5, No 1 (2021) | Go Link | |
2020 | Group Guidance to Increase Peer Counselor and Understanding of Bullying | International Journal of Applied Counseling and Social Sciences | 25 - 30 | 2657-0556/2657-0564 | 2 | Go Link | |
2020 | Ekspresi Emosi Anak Autis dalam Berinteraksi Sosial di Sekolah | Jurnal Basicedu | 149 - 152 | 2580-3735/2580-1147 | 4 | Go Link | |
2020 | Efektifitas Graphic Organizer Story Map terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar | Basicedu | 1228 - 1235 | e-ISSN: 2580-1147 | Vol 4, No 4 (2020) | Go Link | |
2020 | Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Keterampilan Tata Boga Anak Tunarungu | Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus | 21 - 26 | e-ISSN: 2598-2508 | Vol 4 No 1 (2020) | Go Link |
KONFRENSI DAN SEMINAR |
---|
NO | TAHUN | JENIS KEGIATAN | STATUS | JANGKA WAKTU |
---|---|---|---|---|
2005 | Temu Ilmiah Nasional Prodi PLB se Indonesia | PEMBICARA | 20 September 2005 | |
2006 | Seminar Nasional Kependidikan | PESERTA | 15 Mei 2006 | |
2008 | Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa | PEMBICARA | 16 Maret 2008 | |
2008 | Semloknas Manajemen Pengelolaan Berkala Ilmiah | PESERTA | 29 Mei 2008 | |
2008 | Seminar Internasional Pendidikan | PEMBICARA | 07 Nopember 2008 | |
2009 | Temu Ilmiah Nasional APPKhI | PEMBICARA | 18 Nopember 2009 | |
2009 | Simposium Internasional Pendidikan Luar Biasa | PEMBICARA | 16 Nopember 2009 | |
2009 | Seminar Nasional Manajemen Pendidikan Inklusi | PEMBICARA | 02 Agustus 2009 | |
2009 | Temu Ilmiah Nasional PLB se Indonesia | PESERTA | 01 Agustus 2009 | |
2009 | Semlok Revitalisasi Kurikulum | PEMBICARA | 19 Mei 2009 | |
2011 | Seminar Internasional Forum FIP JIP | PESERTA | 25 Oktober 2011 | |
2011 | Seminar Penulisan Artikel dalam Jurnal Nasional dan Internasional | PESERTA | 19 Maret 2011 | |
2013 | Temu Ilmiah Jurusan PLB se Indonesia | PESERTA | 05 April 2013 | |
2013 | Seminar Nasional Program Peminatan dalam Kurikulum 2013 | PESERTA | 02 Juni 2013 | |
2013 | Seminar Internasional Pendidikan Inklusif | PEMBICARA | 27 September 2013 | |
2013 | Lokakarya Rekonstruksi Bahan Ajar dan Penulisan Buku Teks | PESERTA | 25 Oktober 2013 | |
2013 | Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD | PEMBICARA | 14 Desember 2013 | |
2014 | Pendidikan dan Latihan Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus | PEMBICARA | 11-18 Maret 2014 | |
2014 | International Seminar on Education | PEMBICARA | 22 Nopember 2014 | |
2014 | Lokakarya Penyusunan Buku Ajar STKIP Adzkia Padang | PEMBICARA | 29 Oktober 2014 | |
2014 | Lokakarya Rekonstruksi Buku Ajar | PESERTA | 12 Agustus 2014 | |
2014 | International Seminar & Workshop on Guidance and Counseling | PEMBICARA | 07 Maret 2014 | |
2014 | Semloknas Pengabdian kepada Masyarakat | PESERTA | 14 Maret 2014 | |
2014 | Seminar Nasional Implementasi K13 dan Pendidikan Kompensatoris | PEMBICARA | 08 Februari 2014 | |
2018 | The 1"1 lnternational Conference on Sustainability Development Goals for Disabilities | PEMBICARA | 23 - 25 November 2018 | |
2018 | Semirata BKS PTN Wilayah Barat Bidang Pendidikan | PESERTA | 26-28 Oktober 2018 | |
2018 | PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KELOMPOK GURU SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA PADANG | PEMBICARA | 13, 14, 20, dan 21 Oktober 2018 | |
2019 | THE 3RD INTERNATIONAL CONFERENCE ON SPECIAL EDUCATION | PEMBICARA | 13-15 Juli 2019 | |
2019 | the lndonesian FIP-JIP Forum and 5th lnternational Conference on Education and Technology (5th ICET) | PESERTA | 2-5 Oktober 2019 | |
2019 | Bimtek Peningkatan Kompetensi Tim UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif | PEMBICARA | 19-23 Agustus 2019 | |
2019 | 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) | PESERTA | 3-5 Oktober 2019 | |
2019 | 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) | PESERTA | 13-15 Juli 2019 | |
2019 | The lst Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium | PEMBICARA | 7-8 November 2019 | |
2020 | Pelatihan Penyusunan Roas Map Penelitian Dosen STKIP Adzkia | PEMBICARA | 14 Januari 2020 |
KEGIATAN PROFESIONAL / PENGABDIAN MASYARAKAT |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA KEGIATAN | STATUS | TEMPAT | SUMBER DANA | JUMLAH DANA (Rp) |
---|---|---|---|---|---|---|
2014 | Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (PTK) di SDLBN 26 Lubang Panjang Kota Sawahlunto | ANGGOTA | Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto | Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto | 1.250.000 | |
2014 | Pelatihan Tata Cara Penulisan Artikel Ilmiah | KETUA | Kota Padang | Dinas Pendidikan Kota Padang | 1.500.000 | |
2014 | Pelatihan Peningkatan Pemahaman Guru-guru SD Negeri 52 Kuranji tentang anak Kesulitan Belajar dalam Setting Pendidikan Inklusif di Padang | KETUA | Kota Padang | BOPTN UNP | 7.500.000 | |
2015 | Implementasi Pendidikan Inklusif, Pemantapan Program Pembinaan Administrasi Nagari, Pemberdayaan Hasil Panen Coklat, dan Pembinaan Organisasi Pemuda/ Olah Raga di Nagari Binaan Sungai Sirah, Kec. Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman | KETUA | Nagari Sungai Sirah, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat | BOPTN UNP | 50.000.000 | |
2015 | Kegiatan Penyusunan Soal Ujian Sekolah (SDLB) se Propinsi Riau Tanggal 5-10 April Pekanbaru | ANGGOTA | Dinas Pendidikan Propinsi Riau | Dinas Pendidikan Propinsi Riau | 7.500.000 | |
2015 | Workshop Peningkatan Kapasitas Guru Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus | ANGGOTA | Dinas Pendidikan Kota Padang | Dinas Pendidikan Kota Padang | 1.500.000 | |
2015 | Seminar dan Workshop Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus | ANGGOTA | Yayasan Don Bosco Padang | Yayasan Don Bosco Padang | 1.250.000 | |
2016 | IbM bagi Guru Kelas (Guru Reguler) di SD Penyelenggara Pendidikan Inklusif | KETUA | Kec. Sungai Geringging, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat | DRPM Kemenristekdikti | 37.500.000 | |
2017 | Workshop dan Pelatihan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus di Simalanggang, Payakumbuh (Asesmen Akademik dan Perkembangan) | KETUA | Payakumbuh | BOPTN UNP | 15.000.000 | |
2017 | Workshop dan Pelatihan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di SD 03 Koto Tangah, Simalanggang, Payakumbuh | KETUA | Payakumbuh | BOPTN UNP | 15.000.000 | |
2017 | Iptek Teknik Penulisan Artikel bagi Guru SLB se Kota Padang | ANGGOTA | Kota Padang | PNBP UNP | 20.000.000 | |
2018 | PKM Kelompok Guru Sekolah Luar Biasa Kota Padang | KETUA | Padang | PNBP UNP | 18.000.000 | |
2019 | PKM Bagi Guru-guru Sekolah Dasar dalam Seting Inklusi di Kenagarian Koto Tangah Simalanggang | ANGGOTA | Payakumbuh, Sumatera Barat | PNBP UNP | 18000000 | |
2020 | Bimtek Penyusunan Road Map Penelitian Dosen STKIP Adzkia Padang | KETUA | STKIP Adzkia Padang | STKIP Adzkia Padang | - |
PERAN DALAM KEGIATAN KEMAHASISWAAN |
---|
NO | TAHUN | JENIS /NAMA KEGIATAN | TEMPAT |
---|---|---|---|
2014 | Pembimbing HMJ PLB FIP UNP | Kampus PLB FIP UNP | |
2018 | Panitia PKKMB FIP UNP | FIP UNP | |
2019 | KRIDA FIP UNP 2019 | Auditorium UNP, Kota Padang |
ORGANISASI PROFESI/ILMIAH |
---|
NO | TAHUN | JENIS / NAMA ORGANISASI | JABATAN/JENJANG KEANGGOTAAN |
---|---|---|---|
2016-2019 | Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia Sumatera Barat | Sekretaris Umum | |
2016-2020 | Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia Pusat | Bendahara Umum | |
2018 - 2022 | Soina Sumatera Barat | Bidang Penelitian dan Pengembangan |
MAKALAH DAN POSTER |
---|
NO | TAHUN | JUDUL | PENYELENGGARA |
---|---|---|---|
2014 | Increasing Social Skills Through Peer-Mediated Interventions at the Children with Learning Disabilities at Inclusive Elementary Schools | Proceeding 2014 Education International Seminar UNP Padang | |
2014 | Peer-Mediated Interventions dan Keterampilan Sosial pada Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif | Prosiding Guidance and Counseling International Seminar and Workshop, Universitas Negeri Padang, 6-7 Maret 2014 | |
2015 | Partisipasi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SD/ MI Penyelenggara Pendidikan Inklusif | Prosiding Semnas Pendidikan Khusus, Universitas Lambung Mangkurat | |
2015 | Peningkatan Keterampilan Guru dalam Melakukan Asesmen terhadap Anak Berkesulitan Belajar di SD Kenagarian Kuranji Hulu, Padang Pariaman | Prosiding Seminar Nasional | |
2016 | Implementasi Model PMSSI untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusif | Proceeding International Seminar on Education, ISBN 978-602-73537-3-2 | |
2017 | Developing Peer-Mediated Social Skills Intervention Model for Children with Special Needs | International Conference on Education, Pascasarjana UM Malang ISBN: 978-602-71836-1-2 | |
2019 | Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools | 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) | |
2019 | Bullying at Students with Special Needs in Inclusive Schools: Implication For Role of Special Teachers | 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) | |
2019 | Using Sign Language to Enhance Vocabulary in Early Childhood with Autism | 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) |
DAFTAR BUKU |
---|
NO | JUDUL | TAHUN TERBIT | HALAMAN | PENERBIT | ISSN/ISBN | PENULIS |
---|---|---|---|---|---|---|
Asesmen dan Strategi Intervensi Anak ADHD | 2007 | 215 | Departemen Pendidikan Nasional, Dirjendikti | Dr. Marlina, S.Pd. M.Si | ||
Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas pada Anak | 2009 | 180 | UNP Press | 978-979-8587 42-9 | Dr. Marlina, S.Pd. M.Si | |
Asesmen Anak Berkesbutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional) | 2015 | 246 | UNP Press | 978-979-8587-68-9 | Dr. Marlina, S.Pd. M.Si | |
Asesmen Kesulitan Belajar | 2019 | 258 | Prenadamedia Group Jakarta | 978-602-422-776-0 | Dr. Marlina, S.Pd. M.Si | |
Strategi Penanganan Anak ADHD | 2019 | 220 | Prenadamedia Group Jakarta | 978-623-218-361-2 | Dr. Marlina, S.Pd. M.Si dan Grahita Kusumastuti, M.Pd. | |
Asesmen Akademik | 2020 | 220 | Afifa Utama | 978-623-91450-2-6 | Dr. Marlina, S.Pd., M.Si. & Mukhsim, S.Pd. | |
Single Subject Research | 2020 | 239 | Dr. Marlina, S.Pd., M.Si | |||
Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif | 2020 | 221 | CV. Afifa Utama | ISBN : 978-623-91450-7-1 | Dr. Marlina, S.Pd., M.Si | |
Instrumen Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Sekolah Inklusif | 2020 | U | Dr. Marlina, S.Pd., M.Si | |||
Asesmen Akademik: Panduan Praktis bagi Guru dan Orang Tua | 2020 | 190 | Afifa Utama | ISBN 978-623-91450-2-6 | Dr. Marlina, S.Pd., M.Si, Mukhsim Mukhsim |
Jabatan Pengelolaan Instansi |
---|
NO | RIWAYAT | JENIS ATAU NAMA ORGANISASI | JABATAN |
---|---|---|---|
2004 - 2005 Status | HIMA Jurusan PLB FIP UNP Padang | Pembimbing | |
2004 - 2008 Status | Laboratorium PLB FIP UNP Padang | Ketua | |
2008 - 2010 Status | Koordinator Mata Kuliah Fakultas (MKF) Psikologi Pendidikan | Sekretaris | |
2008 - 2010 Status | Jurusan PLB FIP UNP Padang | Sekretaris | |
2015 - Sampai Sekarang | Universitas Negeri Padang | Peneliti Unggul | |
2015 - 2019 Status | Senat Fakultas Ilmu Pendidikan | Anggota | |
2017 - 2019 Status | Senat Fakultas Ilmu Pendidikan | Anggota | |
2017 - 2017 Status | Penyusun Borang Pembukaan S2 PLB | Wakil Ketua | |
2017 - 2017 Status | Penyusunan Renstra LP2M Universitas Negeri Padang 2016-2020 | Anggota | |
2016 - 2020 Sampai Sekarang | Jurusan Pendidikan Luar Biasa | Ketua Jurusan |
Perolehan Penghargaan |
---|
NO | TAHUN | PENGHARGAAN | PEMBERI |
---|---|---|---|
2009 | Dosen Berprestasi Universitas Negeri Padang | Universitas Negeri Padang | |
2015 | Satya Lencana Karya Satya X Tahun | Presiden Republik Indonesia | |
2016 | Penyaji Terbaik pada Seminar Hasil Program Riset Terapan (Penelitian Hibah Bersaing dan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi) | DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN RISET DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TI | |
2018 | Academic Leader Terbaik III UNP | Rektor Universitas Negeri Padang |
Hak Kekayaan Intelektual |
---|
No | Judul | Tema / HKI | Tahun | Jenis | Nomor/P/ID |
---|---|---|---|---|---|
Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional) | Buku Teks | 2017 | Buku | 04453 | |
Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas pada Anak | Buku Teks | 2017 | Buku | 04454 | |
Panduan Penggunaan Isyarat Kata Kunci | Hak Cipta | 2018 | Buku Panduan/ Petunjuk | 000120960 | |
Video Isyarat Kata Kunci | Video Panduan | 2019 | Karya Rekaman Video | 000163160 | |
Asesmen Kesulitan Belajar | Buku Teks | 2019 | Buku Teks | 000146147 | |
Buku Panduan Penggunaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi | Buku Panduan | 2019 | Buku Panduan/Petunjuk | 000156156 | |
Instrumen Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Sekolah Inklusif | Karya Tulis | 2020 | Karya Tulis | EC00202029581 | |
MODEL PEMBELAJARAN ISYARAT KATA KUNCI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK AUTIS USIA DINI | Karya Tulis | 2020 | Karya Tulis | EC00202030612 | |
Manual Kit Instrumen Asesmen Keterampilan Berbahasa Anak Autis | Buku | 2020 | Karya Tulis | EC00202041021 |