Detail Informasi Pegawai & Dosen

NAMA Dr. Marlina, S.Pd, M.Si
NIDN/NUP 0002096905
NIP 19690902 199802 2 002
Pangkat/Golongan Pembina TK. I / IV/b
E-Mail lina_muluk@fip.unp.ac.id
Tempat/Tanggal LahirUjung Tanah / 02 September 1969
Jabatan FungsionalLektor Kepala
Jenis KelaminP
AgamaIslam
InstansiFakultas Ilmu Pendidikan UNP
BidangPendidikan Luar Biasa
Kabupaten / KotamadyaPadang
PropinsiSumatera Barat

 

DATA PENDIDIKAN
NO TAHUN LULUS PROGRAM PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI NEGARA PROGRAM STUDI
1
1982 SD/MI SD Indonesia SD
2
1985 SMP/MTs/PGA 4 Thn MTsN Indonesia MTsN
3
1988 SMA/SMK/MA/SPG/PGAA 6 Thn Sekolah Menengah Ekonomi Atas Indonesia Akuntansi
4
1990 D-2 Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa Indonesia Pendidikan Anak Tunanetra
5
1995 S-1 IKIP Yogyakarta Indonesia Pendidikan Luar Biasa
6
2004 S-2 Universitas Gadjah Mada Indonesia Psikologi Pendidikan
7
2013 S-3 Universitas Negeri Malang Indonesia Psikologi Pendidikan

 

PELATIHAN PROFESIONAL
NO TAHUN JENIS PELATIHAN PENYELENGGARA JANGKA WAKTU
1
1998 Pelatihan Bahasa Inggris Balai Bahasa IKIP Padang 08 Juni 1998 - 04 Desember 1998
2
1998 Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Gol III IKIP Padang 12 Nopember 1998 - 01 Desember 1998
3
2000 Pelatihan Penulisan Artikel untuk Jurnal Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Negeri Padang 14 Oktober 2000 - 28 Oktober 2000
4
2003 Pelatihan Pengembangan Pembelajaran bagi Dosen Universitas Negeri Padang 21 Juli 2003 - 09 Agustus 2003
5
2005 Pelatihan Asesor Propinsi Sumatera Barat Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat 3 hari
6
2011 English Course Universitas Negeri Malang 08 Februari 2011 - 31 Maret 2011
7
2013 Pelatihan Kurikulum 2013 LPMP Propinsi Sumatera Barat 7 hari
8
2014 Pelatihan Asesor SD/MI, SLB, SMA/MA, SMK Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat 3 hari
9
2018 Pelatihan Resertifikasi Asesor Sekolah Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat 4 hari
10
2018 Reviewer Penelitian Angkatan IV Tahun 2018 Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan 7-10 November 2018
11
2019 Pelatihan dan Workshop Peningkatan Kualitas Output Penelitian Tahun 2019 STKIP PGRI Padang 28 Februari 2019 sampai 1 Maret 2019

 

PENGALAMAN MENGAJAR
NO KODE MTK MATA KULIAH PROGRAM PENDIDIKAN INSTITUSI/ JURUSAN/ PROGRAM STUDI TAHUN AKADEMIK SEMESTER
1
PLB157 Statistik Pendidikan S-1/D-IV Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang 2009 Januari-Ju
2
PLB205 Penelitian Kuantitatif S-1/D-IV Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang 2009 Januari-Ju
3
GSD303 Keterampilan Dasar Komputer S-1/D-IV Pendidikan Guru Sekolah Dasar/Universitas Negeri Padang 2009 Juli-Desem
4
PLB131 Psikiatri S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2009 Januari-Ju
5
PLB317 Ortopedagogik Berkesulitan Belajar S-1/D-IV Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang 2010 Genap
6
PLB145 Pengantar Asesmen S-1/D-IV Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang 2014 Genap
7
PLB315 Ortopedagogik Gangguan Emosi, Perilaku dan Sosial S-1/D-IV Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang 2014 Genap
8
PDA744 Landasan Filosofi Pendidikan Dasar S-2 Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa 2014 - 2015 Ganjil
9
PLB218 Penelitian Pendidikan S-1/D-IV Universitas Negeri Padang / Fakultas Ilmu Pendidikan/Pendidikan Luar Biasa 2014 - 2015 Ganjil
10
PLB332 Pendidikan Anak dengan Kecerdasan dan Bakat Istimewa S-1/D-IV FIPakultas Ilmu Pendidikan / Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2014 - 2015 Ganjil
11
PLB316 Ortopedagogik Kecerdasan dan Bakat Istimewa S-1/D-IV FIPakultas Ilmu Pendidikan / Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2014 - 2015 Ganjil
12
UNP149 Psikologi Pendidikan S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2014 - 2015 Ganjil
13
PLB337 Pendidikan Anak dengan Hambatan Emosi dan Perilaku S-1/D-IV Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang 2015 Ganjil
14
PLB341 Metodologi Penelitian Pendidikan Khusus S-1/D-IV Pendidikan Luar Biasa/Universitas Negeri Padang 2016 Genap
15
FIP1.61.4401 Pendidikan Inklusi S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/FIP 2019 3
16
PDA1.82.1006 Metode Penelitian S-2 Universitas Negeri Padang/S2 Pendidikan Dasar 2019 2
17
PDA1.82.1001 Landasan Filosofi Pendidikan Dasar S-2 Universitas Negeri Padang/S2 Pendidikan Dasar 2019 1
18
PLB1.61.3101 Anak dengan Kecerdasan dan Bakat Istimewa S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2019 1
19
PLB1.61.3103 Anak dengan ADHD S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2019 3
20
PLB2.61.6101 Komunikasi Alternatif dan Augmentatif S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2020 6
21
PLB1.61.6401 Metodologi Penelitian Pendidikan Khusus S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2020 6
22
PLB332 Pendidikan Anak dengan Kecerdasan dan Bakat Istimewa S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2020 3
23
PLB1.61.4306 Pengembangan Bakat dan Kreatifitas S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2020 4
24
PLB1.61.2112 Perspektif Pendidikan dan Pembelajaran Anak Tunalaras S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2020 2
25
PLB1.61.3110 Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2020 3
26
UNP1.61.2101 Psikologi Pendidikan S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa 2020 2
27
PLB233 Asesmen ABK S-1/D-IV Universitas Negeri Padang/Pendidikan Luar Biasa Juli - Desember Ganjil

 

PENGALAMAN PENELITIAN
NO TAHUN JUDUL PENELITIAN KETUA / ANGGOTA TIM SUMBER DANA JUMLAH DANA (Rp)
1
2001 Eksperimentasi Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Ketua DIPA UNP 5.000.000
2
2001 Peranan Ibu dalam Pembinaan Pendidikan Khusus (Kemampuan Merawat Diri) Anak Tunagrahita Anggota - -
3
2005 Pengaruh Kemampuan Penyesuaian Sekolah dan Tingkat Penerimaan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Si Ketua
4
2006 Peningkatan Keterampilan Guru dalam Melakukan Asesmen terhadap Anak Berkesulitan Belajar di SD se Ke Ketua
5
2007 Manajemen Emosi Negatif Melalui Buku ”Jendela Hatiku” pada Anak Tunarungu yang Diasramakan (Resi Ketua
6
2009 Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif pada GPPH di SLB Wacana Ketua
7
2014 Implementasi Model Peer Mediated Social Skills Intervention Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Ketua DRPM Kemenristekdikti 50.000.000
8
2015 Implementasi Model Peer Mediated Social Skills Intervention pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Ketua DRPM Kemenristekdikti 50.000.000
9
2016 Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry Learning Berbasis Web Enhanced Learning untuk Meningkatkan K Ketua DRPM Kemenristekdikti 50.000.000
10
2018 Pengembangan Model Pembelajaran Isyarat Kata Kunci sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Anak Autis Usia Dini Ketua PNBP Universitas Negeri Padang 40000000
11
2019 Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif (Tahun Pertama) Ketua DRPM Kemenristekdikti 72000000
12
2019 Pengembangan Model Pembelajaran Isyarat Kata Kunci sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Anak Autis Usia Dini (Tahun Kedua) Ketua PNBP 50000000
13
2020 Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif (Tahun Kedua) Ketua DRPM Kemenristekdikti 60000000

 

ARTIKEL JOURNAL
NO TAHUN JUDUL JURNAL HALAMAN ISSN VOLUME LINK
1
2010 Manajemen Emosi Negatif pada Anak Tunarungu yang Diasramakan JASSI ANAKKU 9 (1), 22-34 22 - 34 ISSN: 1412-9337 Vol 9, No 1 Go Link
2
2014 Kelompok Teman Sebaya, Popularitas, dan Preferensi Sosial Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif Peneltian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa 1 (1), 8-14 8 - 14 2355-746X Volume 1 Nomor 1 Go Link
3
2014 KETERAMPILAN SOSIAL ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF Penelitian Pendidikan 5 (1) 9 - 21 1978-5461 Volume 5 Nomor 1 Go Link
4
2014 Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Pecahan Dalam Pemecahan Masalah Melalui Media Puzzle Bagi Anak Berkesulitan Belajar Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus - 2622-5077 3 Go Link
5
2014 Peer Mediated Intervention untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif Jurnal Pendidikan Humaniora 368 - 382 2338-8110 2 Go Link
6
2014 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL RAMBU-RAMBU DI SEKOLAH MELALUI METODE SIMULASI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SLB N CENTER PAYAKUMBUH Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus - 2622-5077 3 Go Link
7
2014 MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA GRAFIK MELALUI MEDIA GRAFIK TIMBUL PADA ANAK TUNANETRA KELAS XI SMA N 2 PAINAN Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus - 2622-5077 3 Go Link
8
2014 Peer-Mediated Interventions dan Keterampilan Sosial pada Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif PROCEEDING GUIDANCE AND COUNSELING INTERNATIONAL SEMINAR AND WORKSHOP 216 - 230 Go Link
9
2015 Layanan Proses Pembelajaran pada Anak Berkesulitan Belajar Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 1 - 14 4 Go Link
10
2015 Peer Mediated Intervention for Improving Social Skills of Children with Learning Disabilities in Inclusive Elementary School Jurnal Pendidikan Humaniora 2 (4), 368-382 368 - 382 E-ISSN 2442-3890 Volume 2 Nomor 4 Go Link
11
2015 THE EFFECTIVENESS OF WOODEN BALL TO INTRODUCE BASIC COLORS TO THE STUDENTS WITH LIGHT MENTAL RETARDATION IN CLASS D1/C OF SLB FAN REDHA PADANG (Single Subject Research) Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus - 2622-5077 4 Go Link
12
2016 Tugas Pokok Guru Pendidik Khusus Pendidikan Inklusi Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus - 5 Go Link
13
2016 Implementasi Model PMSSI untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusif International Seminar on Education 2nd 880 - 887 Go Link
14
2017 Developing Peer-Mediated Social Skills Intervention Model for Children with Special Needs 1031 - 1040 Go Link
15
2017 Efektifitas Prosedur Aversi Untuk Mengurangi Perilaku Menyimpang Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Amal Bhakti Sicincin Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus - 5 Go Link
16
2017 Mengurangi Perilaku Hiperaktivitas Melalui Prosedur Penyisihan Sesaat (Time Out) bagi Anak Autisme Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus - 5 Go Link
17
2017 Efektivitas Media Garismatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian pada Anak Low Vision Kelas V di SLB A Payakumbuh Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 183 - 191 4 Go Link
18
2017 Increasing Self-Regulated Learning of Students with Special Needs through the ILBaWEL Model Journal of ICSAR Volume 1 Number 1 January 2017 72 - 80 E-ISSN 2548-8600 1 Go Link
19
2017 Pelaksanaan Tugas Pokok Guru Pendidik Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus - 2622-5077 5 Go Link
20
2017 Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan dan Workshop Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Luar Sekolah 69 - 76 Go Link
21
2017 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MATA UANG MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS X SMALB AL-AZHAR BUKITTINGGI Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus - 2622-5077 5 Go Link
22
2017 MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENULISAN ARTIKEL HASIL PTK BAGI GURU SLB UNES Journal of Community Service 2 (2), 174-179 174 - 179 p-ISSN : 2528-5572, e-ISSN : 2528-6846 2 Go Link
23
2017 Pengaruh Model Pemebelajaran SAVI pada Keterampilan Bina Diri bagi Anak Tunagrahita Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus - 2598-5183 1 Go Link
24
2017 Increasing Social Behavior through Self-Management Strategy with Children with Autism in the Inclusive Kindergarten Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 169 International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017) 153 - 156 2352-5398 169 Go Link
25
2017 Teacher’s Attitude and Peer Acceptance to Children with Special Needs in Inclusive Primary Schools Advances in Social Science, Education and Humanities Research 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET) 245 - 252 2352-5398 118 Go Link
26
2018 Peningkatan Ketahanan Duduk dan Pengurangan Perilaku Meninggalkan Tempat Duduk Melalui Teknik Time Out pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2 (1), 26-31 26 - 31 ISSN: Print 2598-5183 – Online 2598-2508 Volume II Nomor I Tahun 2018 Go Link
27
2018 Model Pembelajaran Berbasis Game Flash Tau Jo Huruf bagi Anak Downsyndrome Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2 (1), 1-6 1 - 6 ISSN: Print 2598-5183 – Online 2598-2508 I Nomor 1 Go Link
28
2018 Improving Ability of Detecting Object Distance Through U-Qorselin Tools on Person with Visually Impaired Journal of ICSAR 2 (2) 158 - 162 ISSN 2548-8619 Volume 2 Number 2 July 2018 Go Link
29
2018 Peningkatan Kemampuan Bina Diri Melalui Media Audio Visual pada Anak Tunagrahita Ringan Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 12 - 17 2598-2508 Vol 3 No 1 Go Link
30
2018 Efektivitas Shaping-Token Economy dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Tunagrahita Ringan Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 150 - 155 2622-5077 6 Go Link
31
2018 Penggunaan Token Economic untuk Mengurangi Perilaku Agrsif pada Anak dengan Gangguan Intelektual Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 224 - 229 2622-5077 6 Go Link
32
2018 Peningkatkan Keterampilan Bina Diri Melalui Teknik Shaping Pada Siswa Tunagrahita Ringan Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus (JUPPEKhu) 186 - 191 2622-5077 6 Go Link
33
2018 Implementation of Group Guidance Services To Improve Student Understanding About Academic Procrastination International Conference on Education, Islamic Studies and Social Sciences Research 2018 8 - 12 Go Link
34
2018 Persepsi Guru Mata Pelajaran terhadap Tugas Pokok Guru Pendidik Khusus di Sekolah Menengah Pertama Inklusif se-Kota Padang Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6 (1), 250-255 250 - 255 E ISSN: 2622-5077 6 Go Link
35
2018 Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat dengan Model Pembelajaran Picture and Picture bagi Anak Tunarungu Kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6 (1), 268-274 268 - 274 E ISSN: 2622-5077 6 Go Link
36
2018 Mengurangi Perilaku Hiperaktif Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Teknik Extinction Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6 (1), 7-13 7 - 13 E ISSN: 2622-5077 6 Go Link
37
2018 Perilaku Bullying terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Kota Padang Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 6 (1) 1 - 6 E ISSN: 2622-5077 6 Go Link
38
2018 KETERAMPILAN MEMBUAT KOTAK TISU MELALUI PENDEKATAN PAKEM BAGI ANAK TUNARUNGU Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2 (1), 22-25 22 - 25 E ISSN: 2622-5077 2 Go Link
39
2018 PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN SAMPAH MELALUI MEDIA SAMPAH BERBICARA PADA PENYANDANG TUNANETRA Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2 (1), 19-21 19 - 21 E ISSN: 2622-5077 2 Go Link
40
2019 Implementation of Solutions-Focused Counseling (SFC) to Improve Student Motivation: A Single Subject Research Journal of ICSAR 8 - 14 2548-8600 Vol 3 No 1 Go Link
41
2019 Improving place value ability for children with learning disability using balok pelangi dienes as Media Journal of Physics: Conference Series 032007 - 1321 (2019) 032007 Volume 1321, Section 3 Go Link
42
2019 EFEKTIVITAS VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DESAIN GRAFIS BAGI ANAK TUNARUNGU Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development 1 - 6 2655-0865 Vol 2 No 1 Go Link
43
2019 Realistic Mathematics Education (RME) Approach to Enhance Mathematical Cognition of Elementary School Students Journal of Physics: Conference Series 1 - 5 1387 Go Link
44
2019 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD Jurnal Basicedu 508 - 513 2580-3735 3 Go Link
45
2019 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Deaf Logic Dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Pada Siswa Tunarungu PAKAR PENDIDIKAN 67 - 80 2303-2219 17 Go Link
46
2019 Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) 678 - 681 2352-5398 382 Go Link
47
2019 Bullying at Students with Special Needs in Inclusive Schools: Implication For Role of Special Teachers 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) 86 - 89 2352-5398 382 Go Link
48
2019 Using Sign Language to Enhance Vocabulary in Early Childhood with Autism 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) 265 - 268 2352-5398 388 Go Link
49
2019 Peningkatan Kemampuan Bina Diri Melalui Media Audio Visual pada Anak Tunagrahita Ringan Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 12 - 17 3 Go Link
50
2019 Peningkatan Kelincahan Gerak Anak Tunagrahita Ringan Melalui Gerakan Basic Breakdance Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 47 - 53 2598-5183 6 Go Link
51
2019 Teachers’ Attitude Towards Learning Achievement Of Students With Learning Disabilities In Inclusive Schools Journal of ICSAR 32 - 36 2548-8619 3 Go Link
52
2019 Pola Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Padang Pakar Pendidikan 43 - 52 2303-2219 17 Go Link
53
2019 SOCIAL PARTICIPATION OF STUDENTS WITH SPECIAL EDUCATIONAL NEEDS IN INCLUSIVE ELEMENTARY SCHOOLS SPECIALUSIS UGDYMAS/SPECIAL EDUCATION 121 - 132 2424-3299 1 Nomor 39 Go Link
54
2019 Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Sedang di SLB N 02 Padang Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education 165 - 174 2541-2434 4 Nomor 2 Go Link
55
2019 EFEKTIVITAS VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT SNACK BOUQUET PADA ANAK TUNARUNGU Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development 1045 - 1051 2655-0865 1 Nomor 4 Go Link
56
2019 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Jurnal Basicedu 1047 - 1054 2580-3735/2580-1147 4 Go Link
57
2019 Improving place value ability for children with learning disability using balok pelangi ienes as Media Journal of Physics: Conference Series 1 - 8 1742-6588 1321 Go Link
58
2020 Persepsi Mahasiswa Reguler dan Disabilitas terhadap Layanan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas Jurnal Basicedu 1434 - 1340 e-ISSN: 2580-1147 Vol 4, No 4 (2020) Go Link
59
2020 Group Guidance to Increase Peer Counselor and Understanding of Bullying International Journal of Applied Counseling and Social Sciences 25 - 30 online: 2657-0564 3 nomor 1 Go Link
60
2020 The Effectiveness of Cognitive Restructuring Techniques to Improve of Comprehension of Drug Abusers Among Student Journal of Educational and Learning Studies 25 - 29 e-ISSN: 2655-2779 Vol 3, No 1 (2020) Go Link
61
2020 Penggunaan Video Tutorial Gerak Dasar Senam Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Sedang Jurnal Basicedu 41 - 46 e-ISSN: 2580-1147 Vol 5, No 1 (2021) Go Link
62
2020 Group Guidance to Increase Peer Counselor and Understanding of Bullying International Journal of Applied Counseling and Social Sciences 25 - 30 2657-0556/2657-0564 2 Go Link
63
2020 Ekspresi Emosi Anak Autis dalam Berinteraksi Sosial di Sekolah Jurnal Basicedu 149 - 152 2580-3735/2580-1147 4 Go Link
64
2020 Efektifitas Graphic Organizer Story Map terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar Basicedu 1228 - 1235 e-ISSN: 2580-1147 Vol 4, No 4 (2020) Go Link
65
2020 Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Keterampilan Tata Boga Anak Tunarungu Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 21 - 26 e-ISSN: 2598-2508 Vol 4 No 1 (2020) Go Link

 

KONFRENSI DAN SEMINAR
NO TAHUN JENIS KEGIATAN STATUS JANGKA WAKTU
1
2005 Temu Ilmiah Nasional Prodi PLB se Indonesia PEMBICARA 20 September 2005
2
2006 Seminar Nasional Kependidikan PESERTA 15 Mei 2006
3
2008 Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa PEMBICARA 16 Maret 2008
4
2008 Semloknas Manajemen Pengelolaan Berkala Ilmiah PESERTA 29 Mei 2008
5
2008 Seminar Internasional Pendidikan PEMBICARA 07 Nopember 2008
6
2009 Temu Ilmiah Nasional APPKhI PEMBICARA 18 Nopember 2009
7
2009 Simposium Internasional Pendidikan Luar Biasa PEMBICARA 16 Nopember 2009
8
2009 Seminar Nasional Manajemen Pendidikan Inklusi PEMBICARA 02 Agustus 2009
9
2009 Temu Ilmiah Nasional PLB se Indonesia PESERTA 01 Agustus 2009
10
2009 Semlok Revitalisasi Kurikulum PEMBICARA 19 Mei 2009
11
2011 Seminar Internasional Forum FIP JIP PESERTA 25 Oktober 2011
12
2011 Seminar Penulisan Artikel dalam Jurnal Nasional dan Internasional PESERTA 19 Maret 2011
13
2013 Temu Ilmiah Jurusan PLB se Indonesia PESERTA 05 April 2013
14
2013 Seminar Nasional Program Peminatan dalam Kurikulum 2013 PESERTA 02 Juni 2013
15
2013 Seminar Internasional Pendidikan Inklusif PEMBICARA 27 September 2013
16
2013 Lokakarya Rekonstruksi Bahan Ajar dan Penulisan Buku Teks PESERTA 25 Oktober 2013
17
2013 Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD PEMBICARA 14 Desember 2013
18
2014 Pendidikan dan Latihan Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus PEMBICARA 11-18 Maret 2014
19
2014 International Seminar on Education PEMBICARA 22 Nopember 2014
20
2014 Lokakarya Penyusunan Buku Ajar STKIP Adzkia Padang PEMBICARA 29 Oktober 2014
21
2014 Lokakarya Rekonstruksi Buku Ajar PESERTA 12 Agustus 2014
22
2014 International Seminar & Workshop on Guidance and Counseling PEMBICARA 07 Maret 2014
23
2014 Semloknas Pengabdian kepada Masyarakat PESERTA 14 Maret 2014
24
2014 Seminar Nasional Implementasi K13 dan Pendidikan Kompensatoris PEMBICARA 08 Februari 2014
25
2018 The 1"1 lnternational Conference on Sustainability Development Goals for Disabilities PEMBICARA 23 - 25 November 2018
26
2018 Semirata BKS PTN Wilayah Barat Bidang Pendidikan PESERTA 26-28 Oktober 2018
27
2018 PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KELOMPOK GURU SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA PADANG PEMBICARA 13, 14, 20, dan 21 Oktober 2018
28
2019 THE 3RD INTERNATIONAL CONFERENCE ON SPECIAL EDUCATION PEMBICARA 13-15 Juli 2019
29
2019 the lndonesian FIP-JIP Forum and 5th lnternational Conference on Education and Technology (5th ICET) PESERTA 2-5 Oktober 2019
30
2019 Bimtek Peningkatan Kompetensi Tim UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif PEMBICARA 19-23 Agustus 2019
31
2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) PESERTA 3-5 Oktober 2019
32
2019 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) PESERTA 13-15 Juli 2019
33
2019 The lst Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium PEMBICARA 7-8 November 2019
34
2020 Pelatihan Penyusunan Roas Map Penelitian Dosen STKIP Adzkia PEMBICARA 14 Januari 2020

 

KEGIATAN PROFESIONAL / PENGABDIAN MASYARAKAT
NO TAHUN JENIS / NAMA KEGIATAN STATUS TEMPAT SUMBER DANA JUMLAH DANA (Rp)
1
2014 Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (PTK) di SDLBN 26 Lubang Panjang Kota Sawahlunto ANGGOTA Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto 1.250.000
2
2014 Pelatihan Tata Cara Penulisan Artikel Ilmiah KETUA Kota Padang Dinas Pendidikan Kota Padang 1.500.000
3
2014 Pelatihan Peningkatan Pemahaman Guru-guru SD Negeri 52 Kuranji tentang anak Kesulitan Belajar dalam Setting Pendidikan Inklusif di Padang KETUA Kota Padang BOPTN UNP 7.500.000
4
2015 Implementasi Pendidikan Inklusif, Pemantapan Program Pembinaan Administrasi Nagari, Pemberdayaan Hasil Panen Coklat, dan Pembinaan Organisasi Pemuda/ Olah Raga di Nagari Binaan Sungai Sirah, Kec. Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman KETUA Nagari Sungai Sirah, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat BOPTN UNP 50.000.000
5
2015 Kegiatan Penyusunan Soal Ujian Sekolah (SDLB) se Propinsi Riau Tanggal 5-10 April Pekanbaru ANGGOTA Dinas Pendidikan Propinsi Riau Dinas Pendidikan Propinsi Riau 7.500.000
6
2015 Workshop Peningkatan Kapasitas Guru Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus ANGGOTA Dinas Pendidikan Kota Padang Dinas Pendidikan Kota Padang 1.500.000
7
2015 Seminar dan Workshop Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus ANGGOTA Yayasan Don Bosco Padang Yayasan Don Bosco Padang 1.250.000
8
2016 IbM bagi Guru Kelas (Guru Reguler) di SD Penyelenggara Pendidikan Inklusif KETUA Kec. Sungai Geringging, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat DRPM Kemenristekdikti 37.500.000
9
2017 Workshop dan Pelatihan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus di Simalanggang, Payakumbuh (Asesmen Akademik dan Perkembangan) KETUA Payakumbuh BOPTN UNP 15.000.000
10
2017 Workshop dan Pelatihan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di SD 03 Koto Tangah, Simalanggang, Payakumbuh KETUA Payakumbuh BOPTN UNP 15.000.000
11
2017 Iptek Teknik Penulisan Artikel bagi Guru SLB se Kota Padang ANGGOTA Kota Padang PNBP UNP 20.000.000
12
2018 PKM Kelompok Guru Sekolah Luar Biasa Kota Padang KETUA Padang PNBP UNP 18.000.000
13
2019 PKM Bagi Guru-guru Sekolah Dasar dalam Seting Inklusi di Kenagarian Koto Tangah Simalanggang ANGGOTA Payakumbuh, Sumatera Barat PNBP UNP 18000000
14
2020 Bimtek Penyusunan Road Map Penelitian Dosen STKIP Adzkia Padang KETUA STKIP Adzkia Padang STKIP Adzkia Padang -

 

PERAN DALAM KEGIATAN KEMAHASISWAAN
NO TAHUN JENIS /NAMA KEGIATAN TEMPAT
1
2014 Pembimbing HMJ PLB FIP UNP Kampus PLB FIP UNP
2
2018 Panitia PKKMB FIP UNP FIP UNP
3
2019 KRIDA FIP UNP 2019 Auditorium UNP, Kota Padang

 

ORGANISASI PROFESI/ILMIAH
NO TAHUN JENIS / NAMA ORGANISASI JABATAN/JENJANG KEANGGOTAAN
1
2016-2019 Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia Sumatera Barat Sekretaris Umum
2
2016-2020 Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia Pusat Bendahara Umum
3
2018 - 2022 Soina Sumatera Barat Bidang Penelitian dan Pengembangan

 

MAKALAH DAN POSTER
NO TAHUN JUDUL PENYELENGGARA
1
2014 Increasing Social Skills Through Peer-Mediated Interventions at the Children with Learning Disabilities at Inclusive Elementary Schools Proceeding 2014 Education International Seminar UNP Padang
2
2014 Peer-Mediated Interventions dan Keterampilan Sosial pada Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif Prosiding Guidance and Counseling International Seminar and Workshop, Universitas Negeri Padang, 6-7 Maret 2014
3
2015 Partisipasi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SD/ MI Penyelenggara Pendidikan Inklusif Prosiding Semnas Pendidikan Khusus, Universitas Lambung Mangkurat
4
2015 Peningkatan Keterampilan Guru dalam Melakukan Asesmen terhadap Anak Berkesulitan Belajar di SD Kenagarian Kuranji Hulu, Padang Pariaman Prosiding Seminar Nasional
5
2016 Implementasi Model PMSSI untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusif Proceeding International Seminar on Education, ISBN 978-602-73537-3-2
6
2017 Developing Peer-Mediated Social Skills Intervention Model for Children with Special Needs International Conference on Education, Pascasarjana UM Malang ISBN: 978-602-71836-1-2
7
2019 Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019)
8
2019 Bullying at Students with Special Needs in Inclusive Schools: Implication For Role of Special Teachers 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019)
9
2019 Using Sign Language to Enhance Vocabulary in Early Childhood with Autism 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019)

 

DAFTAR BUKU
NO JUDUL TAHUN TERBIT HALAMAN PENERBIT ISSN/ISBN PENULIS
1
Asesmen dan Strategi Intervensi Anak ADHD 2007 215 Departemen Pendidikan Nasional, Dirjendikti Dr. Marlina, S.Pd. M.Si
2
Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas pada Anak 2009 180 UNP Press 978-979-8587 42-9 Dr. Marlina, S.Pd. M.Si
3
Asesmen Anak Berkesbutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional) 2015 246 UNP Press 978-979-8587-68-9 Dr. Marlina, S.Pd. M.Si
4
Asesmen Kesulitan Belajar 2019 258 Prenadamedia Group Jakarta 978-602-422-776-0 Dr. Marlina, S.Pd. M.Si
5
Strategi Penanganan Anak ADHD 2019 220 Prenadamedia Group Jakarta 978-623-218-361-2 Dr. Marlina, S.Pd. M.Si dan Grahita Kusumastuti, M.Pd.
6
Asesmen Akademik 2020 220 Afifa Utama 978-623-91450-2-6 Dr. Marlina, S.Pd., M.Si. & Mukhsim, S.Pd.
7
Single Subject Research 2020 239 Dr. Marlina, S.Pd., M.Si
8
Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif 2020 221 CV. Afifa Utama ISBN : 978-623-91450-7-1 Dr. Marlina, S.Pd., M.Si
9
Instrumen Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Sekolah Inklusif 2020 U Dr. Marlina, S.Pd., M.Si
10
Asesmen Akademik: Panduan Praktis bagi Guru dan Orang Tua 2020 190 Afifa Utama ISBN 978-623-91450-2-6 Dr. Marlina, S.Pd., M.Si, Mukhsim Mukhsim

 

Jabatan Pengelolaan Instansi
NO RIWAYAT JENIS ATAU NAMA ORGANISASI JABATAN
1
2004 - 2005 Status HIMA Jurusan PLB FIP UNP Padang Pembimbing
2
2004 - 2008 Status Laboratorium PLB FIP UNP Padang Ketua
3
2008 - 2010 Status Koordinator Mata Kuliah Fakultas (MKF) Psikologi Pendidikan Sekretaris
4
2008 - 2010 Status Jurusan PLB FIP UNP Padang Sekretaris
5
2015 - Sampai Sekarang Universitas Negeri Padang Peneliti Unggul
6
2015 - 2019 Status Senat Fakultas Ilmu Pendidikan Anggota
7
2017 - 2019 Status Senat Fakultas Ilmu Pendidikan Anggota
8
2017 - 2017 Status Penyusun Borang Pembukaan S2 PLB Wakil Ketua
9
2017 - 2017 Status Penyusunan Renstra LP2M Universitas Negeri Padang 2016-2020 Anggota
10
2016 - 2020 Sampai Sekarang Jurusan Pendidikan Luar Biasa Ketua Jurusan

 

Perolehan Penghargaan
NO TAHUN PENGHARGAAN PEMBERI
1
2009 Dosen Berprestasi Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Padang
2
2015 Satya Lencana Karya Satya X Tahun Presiden Republik Indonesia
3
2016 Penyaji Terbaik pada Seminar Hasil Program Riset Terapan (Penelitian Hibah Bersaing dan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi) DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN RISET DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TI
4
2018 Academic Leader Terbaik III UNP Rektor Universitas Negeri Padang

 

Hak Kekayaan Intelektual
No Judul Tema / HKI Tahun Jenis Nomor/P/ID
1
Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional) Buku Teks 2017 Buku 04453
2
Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas pada Anak Buku Teks 2017 Buku 04454
3
Panduan Penggunaan Isyarat Kata Kunci Hak Cipta 2018 Buku Panduan/ Petunjuk 000120960
4
Video Isyarat Kata Kunci Video Panduan 2019 Karya Rekaman Video 000163160
5
Asesmen Kesulitan Belajar Buku Teks 2019 Buku Teks 000146147
6
Buku Panduan Penggunaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Buku Panduan 2019 Buku Panduan/Petunjuk 000156156
7
Instrumen Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Sekolah Inklusif Karya Tulis 2020 Karya Tulis EC00202029581
8
MODEL PEMBELAJARAN ISYARAT KATA KUNCI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK AUTIS USIA DINI Karya Tulis 2020 Karya Tulis EC00202030612
9
Manual Kit Instrumen Asesmen Keterampilan Berbahasa Anak Autis Buku 2020 Karya Tulis EC00202041021